Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri, Walaupun Tidak Di Cas



Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri ,indikator cahrger hidup walaupun tidak dalam keadaan tercolok ke listrik atau di charger. Akan tetapi walaupun dalam kondisi ngecas sendiri, batre tidak terisi. 

Hal ini juga terjadi ketika daya hp android tidak bisa terisi penuh walaupun di charger lama. Bahkan ketika di cas bukannya bertamabah malah berkurang.

Masalah atau problem yang cukup sering kali di hadapi oleh pengguna perangkat android dan cukup merepotkan penggunanya.

Kerusakan seperti ini sebaiknya di atasi dengan cepat agar kerusakan tidak bertambah parah merambat sehingga menimbukan kerusakan yang cukup parah.

Untuk mengatasi  Hp Android Yang mengisi daya sendiri Sendiri anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini untuk memperbaiki nya.

hal ini sesui dengan pengalaman saya sendiri..

Ketika saya memiliki hp samsung galaxy grand frame yang ngecas sendiri walaupun tidak dalama keadaan tercolok ke listrik.

Problem sempat membuat saya putus asa ingin membawanya ke tukang service atau kontor, akan tetapi saya coaba otak atik, sehingga alhamdulliah hp samsung saya kembali normal.

Jadi tidak ada salahnya saya ingin bergi tips dan pengalaman ke teman-teman, yang bisa anda coba sendiri di rumah tanpa membawanya ke tukang servise.

Penyebab hp Ngecas Sendiri.

Masalah ini tidak mungkin  tidak memiliki sebab,sehingga untuk dapat memperbaikinya anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu kemudian mencari solusi terbaik untuk mengatasinya.
Ada beberapa penyebab hp android yang ngecas sendiri antara lain:

#1. Softwere error

firmwere android anda bisa saja mengalami error atau kerusakan corrup, sehingga indikator charger berjalan sendiri.


Hp Android Yang Ngecas Sendiri di sebabkan rusaknya atau corrupt pada os atau firmwere android


#2. Sistem android error

kemungkinan ini terjadi ketika anda pernah melakukan root pada hp android anda. Hal ini sering terjadi ketika salah dalam melakukan root pada android sehingga mengakibatkan kerusakan pada sistem android.

#3. Charger rusak

kerusakan pada chrger anda cuga merupakan salahsatu pemicu terjadinya hp melakukan charger sendiri, karna tidak setabinya daya yang masuk pada hp, sehingga indikator cahrger berjalan sendiri.

#4. Kabel charger atau USB

juka bisa menyebabkan terjadi timbul masalah di atas, karna rusak. kabel usb juga sering mengalami putus halus, 

yang artinya ketika kabel di gerakkan ke arah tertenti hp kan mengisi. Hal ini lah yang juga dapat merusak batre hp jika terjadi terus menerus.

#5. Batre hp rusak

kemungkinan batre hp anda rusak atau drop, Jadi anda bisa memerikasa kondisi  batre hp anda.

Jika di bagian batre terdapat kerusakan fisik atau mengalami kembung maka bisa di pastikan bahwa tempat permasalahannya terletak di bater hp anda.

Untuk memeriksa batre dalam keadaan kembung maka anda bisa meletakkan batre hp anda di lantai kemudain putar 360 derajat seperti memutar gansing pada biasanya.

Jia batrai berputar pada posisi yang tetap maka batre hp dalam keadaan kembung, jika tidak maka batre dalam keadaan baik.

#6. IC charger rusak

Kerusakan paling fatal ialah kerusakan pada IC charger, hal ini bisannya terjadi ketika anda mengecas hp anda tidak menggunkan charger aslinya atau tidak sesuia dengan daya yang anda gunakan.

Cara Memperbaiki Pearngkat Android Yang Ngecas Sendiri

Setelah mengetahui beberapa penyabab di atas maka, ada beberapa soludi yang bisa anda coba untuk “Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri walaupun tidak dalam keadaan tercolok ke listrik atau di charger” agar menjadi normal kembali. antara lain sebagi berikut:

1. Restar Hp

Salah satu cara yang paling awal anada coba yaitu melakukan restar ulang hp anda. atau dengan cara membuka batre hp anda kemudian diamkan beberapa menit, lalu pasang kembali dan nayalakan kembali.

Jika hp anda menggnkan batre tanam maka anda cukup melakukan restas atau matikan hp anda dan nyalakan kembali, ataupun dengan membuka cassing hp dan membuak konektor atau sotket yang terhubung dari mesin ke batre.

Diamakan beberapa menit kemudain pasang kembali lalu nyalakan hp anda. Cara ini sangat efektif ketika hp android anda terasa berat, atau error, tidak bisa di geser atau di gerakan, terutama ketika kita menjalankan muiltitasking terlalu banyak.

Jika cara yang pertama ini juga belum berhasil anda bisa mencoba cara kerikut nya.

2. Ganti kabel Charger (kabel Usb)

Anda bisa mengecek kondisi dari kabel charger/usb hp anda, jika tidak terdapat kerusakan fisik maka anda bisa menggantinnya dengan kabel charger/usb yang lain.

Ataupun sebalikanya kabel usb anda tes di hp lain. jiaka berfunsi dengan baik maka kemungkinan masalahnya bukan terleatak  kabel charger/ usb. Jadi anda bisa mencoba cara berikutnya.

3. Lakukan Flashing

Melakukan Flasing pada hp yang ngecas sendiri, hal ini jika terjadi error pada sistem android atau terjadinya corrup pada firmwere android. Maka anda bisa melakukan flasing pada hp anda.

Untuk melakukan flashing bisa di lakukan dengan dua cara yaitu dengan reset data pabrik, ataupun dengan cara factoryriset.

Cara pertama Riset Data Pabrik


Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri dengan cara mengembalikan hp ke pengaturan pabrik


Untuk melakuakan riset data pabrik atau mengembalikan hp ke pengaturan pabrik maka anda bisa melakukannya dengan cara masuk ke menu “setting/pengaturan” + “Cadangkan & Setel Ulang”.

Cara Kedua Factory Reset (reset 3 jari).


Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri dengan cara melakukan rocoveri mode atau wipe factory reset


Untuk melakukan hard reset dengan metode tiga jari, hal ini bisa anda lakukan dengan menekan tombol kombinasi “home”+”power”+”Volume Up”.

Namun sebeum anda melakukan wipe data factory riset maka ada beberapa hal yang harus anda lakukan, karna jika tidak maka nantinya hp android anda akan meminta akun google pertama, lalu bagaimana caranya..?

kemudian anda akan masuk ke menu recovery mode kemudian pilih “ wipe data factory riset” pilih tombol “ volume up/ down” untuk memilih kemudian tombol “power” untuk oke.

4. Mengganti Konektor Charger


Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri dengan cara mengganti konektor cahrger


Jika ketiga cara di atas masih belum bisa “mengatasi hp android yang ngecas sendiri”  maka cara selanjutnya yang bisa anda coba yaitu dengan menganti konektor caharger pada hp anda.

Konektor cahrger biasanya melekat pada papan mainboard hp atau papan vcb, sehingga untuk mengantinya anda harus membanya ke konter terdekat atauoun ke tukang service.

Dan minta untuk di gantikan konektor cahrger hp anda, untuk biayanya tidak terlalu mahal, dengan harga berkisaran 20ribu samapi 30ribu.

5. Mengganti Ic Charger

Solusi terakhir yang adan bisa lakukan yaitu dengan mengganti IC Charger hp anda, karna akar permasalahn terkai dengan charger biasanya terletak pada IC Charger.

Kerusakan pada Ic Charger sering terjadi di karenakan banyak faktor diantaranya hubung singkat atau konslet pada jalur anatar komponen hp.

kemudian tidak cocoknya charger yang anda gunakan misalnya terlaku besar arus yang masuk pada hp anda sedangkan hp memiliki kapasisat arus yang kecil.

Ataupun karna umur hp anda yang cukup tua sehingga Ic charger anda mengalami kerusakan bahkan hangus atau gosong.

Sehingga solusi satu-satunya yaitu dengan mengganti Ic charger di tukang service atau di konter-konter terdekat.

Dengan biaya yang tidak terlalu mahal berkisar 40ribu sampai 50ribu.


6. Lem biru

Jika dari lima cara di atas belunm kunjung membuahkan hasil, belum bisa mengatasi masalah hp yang melakukan charger sendiri maka solusi paling ahir yang bisa anda laukan yaitu:

Anda pergi ke konter terdekat dengan rumah anda kemudian mintaklah untuk di amabilkan satu hp android yang anda inginkan kemudian berikan uang anda kepada penjaga konter tersbut.

Lem Biru “ Lempar Beli Baru”

Sekian tips dari kami “Cara Mengatasi Hp Android Yang Ngecas Sendiri ” semoga bermanfaat dan dapat membuahkan hasil, sehingga hp android anda bisa kembali normal seperti semula.

Jangan lupa tinggalkan komentar anda agar kami bisa membangun blogg ini menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi semua orang.