Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyebab & Cara mengatasi Hp Android Tidak Bisa Konek internet




Android tidak bisa terkoneksi ke jaringan internet, akan tetapi bisa melakukan panggilan dan sms. Masalah ini kerap menimpa atau sering terjadi pada sebagian pengguna hp pintar android.

Mulai dari , perangkat android yang tidak bisa internet, tidak bisa konek wifi, dan lain sebagainaya, padahal kuota internet yang di miliki cukup banyak,

sinyal full, akan tetapi tidak bisa terhung ke internet, tidak bisa browsing, main games online, nonton youtube dan berintreksi di sosioal media.

Bayangkan jika itu terjadi pada perangkat android yang kita miliki, cukup membosankan bukan..?

bahkan jika hall itu terjadi maka hp kita tidak ada bedanya dengan hp butut, yang hanya bisa melakukan panggilan dan sms.

Salah satu kelebihan semartphone android yaitu kita bisa melakukan banyak hal dengan android yang kita miliki, salah santunya kita dapat berselancar dengan jaringan internet dengan kecepatan yang tinggi.

Sehingga informasi-informasi dari luar dapat kita ketahui hanya dengan sebuah peranggat genggaman dan gesekan jempol.

Sesuai dengan judul dari bacaan singkat ini “ Cara mengatasi hp Android Yang tidak bisa terkoneksi ke jaringan internet”.

Maka kami akan memberikan beberapa cara yang bisa anda coba dan praktekkna sendiri dirumah tanpa harus membawa hp anda ke konter atau tukang service.

Ada beberapa tips dan cara memperbaikinya, yang kami kemas dengan memaparkan penyebab dan cara atau solusi untuk mengatasinya.

10 Penyebab Dan Tips memperbaiki Hp Android Tidak Bisa Terhubung interner


Ada sekitar 10 cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki perangkat android yang tidak bisa browsing ke internet, di mulai dari yang paling sederhana sampai ke tingkat yang cukup rumit. Anatar lain sebagai berikut:

#1. Melakukan Restar ulang

Restar disini, yang dimaksut adalah mematikan dan menyalakan kembali hp anda.

Melakukan restar ulang pada perangkat android anda merupakan cara yang cukup efektif yang bisa anda lakukan, untuk mengatsi masalah di atas.

Adapun caranya yaitu:

Matikan hp anda dengan menekan tombol power

Kemudain lepaskan batre pada hp anda, jika hp anda menggunkan batre tanam dan kesulitan untuk membukanya, maka anda mencari celah yang cukup rapat di bagian pinggir hp.

Kemudian coba untuk mencongkelnya dengan hati-hari agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Jika telah terbuka maka lepaskan batre dengan cara membuka sotket atau penghubung antara mesin dengan batre.

Tunggu beberapa menit, kemudain pasang kembali dan hidupkan hp anda. Kemudain coba untuk melakukan browsing dengan mengatifkan jaringan data seluler.

Jiak cara ini belum bisa mengatasinya maka anda bisa mencoba cara berikutnya di bawah ini.

#2. Memancing Sinyal dengan Airpalen Mode

Salah satu cara yang bisa anda coba selanjutnya yautu dengan memancing koneksi internet degan mengaktifkan airplane Mode “Mode Pesawat”.

Cara ini cukup efektif dikarenakna jika anada mengatifkan fitur mode pesawat maka secar otomatis koneksi jaringan akan di matikan, sehingga ketika anda mematikannya kembali maka secara otomatis jaringan akan merefres kembali.

10 Penyebab & Cara mengatasi Hp Android Tidak Bisa Konek interner


Cara mengaktifkan fitur mode pesawat cukup mudah, karna semua tipe hp memiliki fitur ini dan cara menghidupkannya hampir sama, yaitu dengan:
  • Masuk ke menu pengatuaran setting
  • Kemudain pilih pengaturan lainnya
  • Lalu aktifkan mode pesawat
Ataupun dengan cara scrol kebawah pada bagian atas hp anda di menu notifikasi, kemudian pilih mode pesawat atau Airplane Mode yang bisasanya di tandai dengan icon pesawat terbang.

kemudian coba lakukan browsing, terlebih dahulu aktifkan paket data atau jaringan seluler.

Jiak cara ini masih belum bisa mengatasi hp android yang tidak bisa internetan maka anda bisa mencoba cara selanjutanya di bawah ini.

#3. Pancing dengan wifi

Cara ketiga yang bisa anda lakukan selanjunya yaitu dengan memancing koneksi jaringan internet melalui koneksi jaringan wifi.

Cara ini cukup efektif untuk mengetahui permasalahan dari hp android yang tidak bisa terhubung ke internet.

Jadi anda bisa mencari jaringan wifi terdedekat atau menumpang koneksi di hp teman anda untuk mencobanya.

Dan jika hp anda bisa terhubung ke internet, bisa melakukan browsing maka bisa di pastiakan bahwa kartu atau sim card anda yang bermasalah bukan perangkat android anda.

Jadi solusinya yaitu dengan cara menghubungi pihak layanan dari sim card yang anda gunakan.

paling efektif anda bisa bertanya melalui layanan suara atau dengan memanggil call centernya atau lansung datang ke kantor profider untuk melaukan konsultasi terkait permasalahan yang anda alami.

Dan jika sebaliknya hp anda tetap tidak bisa terhung ke jaringan internet, maka bisa di pastikan hp anda yang bermasalah.

Sehingga anda bisa mencoba cara selanjutnay.

#4.  Mengatur tanggal dan waktu


Pengatuaran tanggal dan waktu pada perangkat merupakan salah satu faktor penyebab hp anroid yang tidak bisa melakukan browsing atau terhubung ke jaringan internet.

hal ini tidak hanya terjadi pada perangkat android, bahkan komputer atau laptop pun jika pengaturan tanggal dan waktunya tidak tepat atau sesuai maka bisa di pastikan perangkat tersebut tidak akan bisa terhubung ke jaringan internet.

Jadi solusinya yaitu dengan cara mengatur tanggal dan waktu yang sesuai dengan waktu saat ini. Gnakan pengaturan zona waktu otomatis agar sesuai dengan waktu saat ini.

10 Penyebab & Cara mengatasi Hp Android Tidak Bisa Konek interner


Adapun cara mengatur Zona waktu pa android sebagai berikut
  • Mauk ke menu pengatuaran “ setting
  • Kemudian Pilih “Setelan tambahan “
  • Pilih pengaturan tanggal dan waktu
  • Kemudian pilih “Tanggal & waktu Otomatis

#5.  Membersihkan file sampah

File smapah juga dapat menyebabkan perangkat nadroid tidak bisa terhubung ke internet di karenakan banyaknya file sampah yang sudak terpakai atau bekas pemasangan dan penghapusan aplikasi yang masih tersisa di dalam penyimapanan.

Untuk menghapus file sampah di hp android carnya cukup mudah yaitu anda bisa menggunkan aplikasi pemebersih yang bisa anda download diplaystore.


10 Penyebab & Cara mengatasi Hp Android Tidak Bisa Konek interner


Namun untuk pernagkat yang sudah menggunakan versi android 5.0 ke atas biasanya sudah tertanam aplikasi pembersih sampah di dalamnya.

jadi anda gak perlu menginstalnya kembali.

Untuk cara manual anda bisa masuk ke pengatuaran kemudian masuk ke menu kelola Aplikasi dan anda bisa membuka satu persatu dari aplikasi tersebut, Kemudian lakukan pembersihan data.


#6.  Membersihkan chace Dan History pencarian (riwayat)

Menghapus chace perangkat android merupakan slaha satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi android yang tidak bisa tehubung ke internet.

Apa itu Chace..?

Chace merupakan tempat penyimpanan sementara subuh perangkat, yang di manfaatkan untuk  menyimpan tipe data tertentu.

Yang bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah perangkat beroprasi, dan menyimpan history penggunkann sebelumnya sehingga ketia anda menggunkannya kembali maka chace tidak kan di buat akan tetapi akan menggunkan file sebelumnya.

Sehingga karna telalu banyaknya file dan aplikasi yang memiliki chace maka lama- kelamaan akan menumpuk dan penuh. Sehingaa dapat memperlambat kinaerja perangkat nada.

lalu bagaimana cara membersihkan file chace..? Caranya cukup mudah yaitu anda bisa menghapusnya satu persatu melalalui pengaturan kemudian masuk ke menu aplikasi mangement, caranya sama dengan menghapus data aplikasi pada poin sebelumnya, poin ke 6.

Untuk menghapus secara keselurauhan datri perangkat nada maka and abisa melkuknya dengan melakukan wife file cahse yang terletak pada menu rocovery mode.

Baca : Cara menghilangkan ikalan di layar android 

#7. Mengatur APN

Masalah APN juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan hp tidak bisa mengakses internet.

Apa sih APN..?

APN adalah Access Point Name yang merupakan nama dari sebuah gerbang antara jaringan GSM, GPRS, 3G, dan 4G.

Fungsi uatama dari APN adalah untuk menghubungkan antara perangkat dengan jaringan internet pada perangkat android.

Jadi jika perangkat android anda tidak bisa mengakses internet, maka mungkin saja terjadi masalah pada konfigurasi dari APN dari perangkat anda.

Namun kebiasan secara otomatis  APN sudah ter konfigurasi sendiri sesuia dengan sim card yang digunakan.

10 Penyebab & Cara mengatasi Hp Android Tidak Bisa Konek interner


Adapun cara mengganti APN pada perangkat android yaitu dengan:
  • Buka menu “Pengaturan / Setting
  • Kemudian “Kartu Sim & Jaringan Seluler” kemidian pilih sim yang digunakan untuk internet
  • Kebetulan saya menggunkan 1 sim kama pilih Sim 1
  • Kemudain pilih “Nama Titik Akses (APN)
  • Kemudain anda bisa merubahnya ataupun menambah APN. (pengaturan APN android Terbaik)
JIka anda sudah melakukan konfigurasi APN secara benar kemudian perangkat anda masih saja belumbisa internetan maka anda bisa mencoba cara selajunya dibawah ini.

#8. Update Pembaharuan Android

Cara yang bisa anda coba selaniutnya yaitu dengan melakukan pembaharuan perangakat atau meng-Update Sistem aplikasi android.

Caranya cukup mudah yaitu dengan cara berikut, namun tiap-tipe smartphone memiliki tampilan yang berbeda-beda untuk menu-menunya jadi di seuaikan saja.
  • Buka menu “Pengaturan / Setting
  • kemudain “ about Phone
  • kemudain pilih “ Cek pembaruan softwere

#9.  Reset Data Pabrik

Melakukan Reset Data Pabrik Cara yang cukup ekstrim yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hp nada yang tidak bisa internetan.

Melakukan Reset data pabrik berguna untuk mengembalikan pengaturan atau sistem perangkat ke awal pabrik atau ketika baru pertama anda membelinya.

Jadi, cara ini juga bisa anda coba, karna semua sistem akan kembali seperti semula sehingga pengaturan akses internet bisa kembali normal seperti semula.

#10.  Recovery Mode

Cara terakhir yang bisa anda coba, untuk selanjutnya yaitu dengan melakukan hard Riset melalui rocovery mode.

Yaitu dengan cara masuk ke menu rocovery mode dengan cara
  • Menekan tombol “Power”+”Home”+”Volume Atas” untuk hp samsung secara bersamaan
  • Kemudian tekan tombol “volume Atas” dan “volume bawah” untuk memilih
  • Tombol “power untuk ok”.
  • Kemudian pilih “wipe Fictory Reset” kemudian “yes
  • Selanjutnya pilih “reboot sistem now
  • Maka tunggu beberapa menit kare perangkat akan melakukan hard reset smapai perangkat restar kembai.
Warning!!!


Jika dari sepuluh cara diatas tidak ada yang bisa mengatsi masalah hp android yang tidak bisa internetan maka sebaiknya anda membawanye ketukang service, karna kemungkinan ada komponen dari mesin hp anda yang rusak seperti IC sinyal dan lain sebagianya.

Sekian dari kami semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas atau tidak di mengrti maka silahkan tiggalkan komentar nada pada kolom komentar.