Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi "wireless module not supported WLAN module id 702"

Cara Mengatasi "wireless module not supported wlan module id 702" pada laptop atau notebook compaq dan hp. Atau kurang lebihnya ketika anda menyalakan laptop maka tampil layar hitam pada lcd yang bertuliskan  "The system has deteced a wireless module installed in the system is not supported. System halted. Please remove device and restart.

WLAN Module ID (702)

For more information, please visit www.hp.com\go\techcenter\startup."

Cara Mengatasi "wireless module not supported wlan module id 702" pada laptop atau notebook compaq dan hp. Atau kurang lebihnya ketika anda menyalakan laptop maka tampil layar hitam pada lcd yang bertuliskan  "The system has deteced a wireless module installed in the system is not supported. System halted. Please remove device and restart.  WLAN Module ID (702) For more information, please visit www.hp.com\go\techcenter\startup."



Permasalahan ini merupakan permasalahan yang cukup langka, karna pengalaman saya sendiri membutuhkan sekitar satu mingu untuk mencari solusinya. Hampir semua kata kunci yang terkait dengan ""The system has deteced a wireless module installed in the system is not supported"" saya ketikkan di google akan tetapi tak ada satupun artikel yang berhasil, memecahan masalah ini.




Ada banyak artikel yang memberikan solusi dengan cara meng upgrade bios akan tetapi saya kurang yakin karna masahnya terdapat di model wirelesnya.




Ada beberapa cara yang bisa teman-teman coba untuk memecahkan masalah ini yang akan saya kemas menjadi beberapa tahap. dan teman-teman bisa mencobanya dari tahap pertama sampai terakhir. Jika tahap pertama belum juga berhasil, maka bisa cobakah ke tahap berikutnya. untuk permasalahan yang saya alami, maka saya menngunkan tahap yang ke 4 (empat). oke silahan di baca sampai slesai agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. 




ke 1 :

Jadi karna permasalahannya terdapat pada modul wirelesnya maka teman-teman bisa mengecek atau memerika WLAN modul atau kartu Lan pada perngakat keras dengan cara membuka cassing laptop yang bisasanya terdapat di sebelah RAM pada papan sirkuit. 
Cara Mengatasi "wireless module not supported WLAN module id 702"

Lalu cek kondisinya mungkin kartu Lan teman-teman longgar ataupun rusak. Jika longgar maka bisa di eratkan kembali dan jika kondisinya rusak anda bisa menggantinya dengan karu WLAN yang baru. Adapun cara mengetahui kartu WLAN yang rusak yaitu dengan mencoba kartu WLAN lain, jika laptop anda kembali seperti semula maka jelas kartu Lan anda rusak maka ganti dengan yang baru. 



Ke 2 :

Mencoba memperbaiki Karu WLAN modul dengan cara : mengecek pada tembaga kuningan yang ada pada kartu Wlan apakah terdapat goresan ataupun terdapat banyak debu yang menempel pada Kartu Wlan, adapun cara membersihknanya yaitu dengan menggunakan penghapus pensil untuk . semakin bagus kualitas penghapus pensil maka hasilnya pun semakin bagus.
Cara Mengatasi "wireless module not supported WLAN module id 702"
Saya sendiri menggunkan penghabus pensil yang berwarna hitam. Adapun cara menghapusnya yaitu dengan satu arah seperti membuat sebuah garis untuk mencegah tergoresnya konektor tembaga pada kartu Wlan karna jika tergores kaka dampaknya cukup besar kana bisa saja akan terjadi kerusan pada kartu wlan jika sudah maka coba pasang kembali dan nyalakan laptop anda kembali. Jika cara ini belum bisa maka anda biisa mencoba cara berikut.

ke3 :
Upgrade Bios, Cara ini saya dapatkan di google yaitu dengan cara menupgrade bios karna bisa saja bios anda sudah tidak mendukung driver lan modul yang terbaru, sehingga anda bisa mengupgrade biosnya ke versi terbaru yang bisa anda dapatkan di situs resminya. dan pilihlah biso yang sesui dengan type bios anda agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.Dan sebelum anda mengupgradenya sebaiknya anad pikir-pikir dulu sebelum mengupgrade nya karna kesalahan dalam mengupgrade bios bisa berakibat fatal bahkan laptop anda bisa mati total.



ke4 :

Cara keempat inilah yang saya gunakan untuk mengatasi masalah  "wireless module not supported WLAN Module id 702" pada laptop saya. dan alhamdulillah laptopnya kembali seprti semula. 

pada kasus ini saya menggunakan laptop compaq dengan Systesm oprasi windows 7. dengan permaslahan yaitu laptop compaq milik saya ini tidak bisa masuk kewindows dengan tampilan layar hitam dengan pesan "The system has deteced a wireless module installed in the system is not supported. System halted. Please remove device and restart.

WLAN Module ID (702)

For more information, please visit www.hp.com\go\techcenter\startup.". 


Jadi dari permaslahan diatas bisa kita simpulkan bahwa driver WLAN lah yangbermaslah. dan solisinya kita harus mengupdate driver Wlannya atau meningkatkan versi driver ke versi terbaru. Namun bagimana caranya sedangkan untuk masuk ke windows pun tidak bisa.

Bagaimana caranya..?
yang perlu anda lakukan ialah dengan cara instal ulang laptop anda. Namun penginstalan dilakukan dengan dua tahap pengintsalan yaitu :
Pertama : instal ulang laptop anda dengan menngunakan System oprasi Linux, ataupun semua OS yang berdistro linux, seperti linux mint, debian, ubuntu dan lain sebagainya namun disini saya menngunakan linux mint. pada laptop compaq milik saya. 

Mengapa harus menginstal OS linux..? 
Karena, dengan menginstal linux maka semua driver akan kembali ke seperti semula seprti defautlnya. perlu anda ketahui bahwa Os linux sendiri sanagat kompetible dengan semua peragkat komputer. sehingga kita bisa menggunkan linux untuk mengembalikan driver laptop seperti semula. karna jika kita menggunkan Os linux maka kita tidak perlu melakukan instalasi driver. Dan Inilah salah satu kelebihan dari Os linux. 

Kedua : Setelah anda menginstal linux, Kemudian instal kembali dengan menggunakan os window7 ataupun windows 10 yang sesui dengan keinginan anda. bagaimana cara mengintal windows..? silahkan anda cari sendiri di google karna sangat banyak tutorial yang menjelaskan cara menginstal windows. ( Cara membuat instalan Window) 

Penting:
Berdasarkan pengalaman saya sendiri, saya melakukan installasi dengan menngunkan windows tanpa mengintal linux terlebih dahulu dan hasilnya selalu gagal. setelah saya lakukan instali linux kemudian windows dan alhamdulillah laptop saya kembali normal tanpa ada satupun driver yang error. 

Jika anda membaca ini maka anada sudah berada di penghujung artikel maka jika ada suatu hal yang kurang jelas atau ada sesuatu yang ibgin di tanyakan maka anda bisa bertanya melalu kolom komentar di bawah ini. jika sartkel ini bermanfaat maka jangan lupa komntarnya karna komentar anada sanagat berarti bagi kami. wassalam