Selasa, 29 Agustus 2017

2 Cara Buat Instalan Windows di Flashdisk

cara membuat instalan windows dengan yumi dan rufus, atau membuat bootable dengan aplikasi yumi danrufus

“ Membuat insatalan windows dengan menggunakan flshdisk”.Windows merupakan salah satu OS ( Sistem Oprasi ) yang sangat populer terutama di ndonesia. Mungkin anda sudah mengetahui mengapa sistem oprasi ini di namakan “ windows” karna tampilan dari tabnya menyerupai jendela. jadi kita bisa membuka beberapa jendela sekali gus dalam satu layar. 
artikel ini memebahsas tenytang : cara membuat bootable flashdisk windows 7 dengan rufus,cara membuat bootable flashdisk windows 10,8,8.1,cara membuat bootable flashdisk windows 7 dengan yumi,membuat bootable windows 7 usb flash drive,cara instal windows 7 menggunakan flashdisk beserta gambarnya
Mayoritas laptop dan komputer di indonesia menggunakan sistem oprasi windows.  windows memiliki banyak tipe diantaranya windows xp,7,8,8.1,10. 

“ Membuat Bootable windows dengan flshdisk”
Artikel ini membahas tentang cara membuat instalan atau bootable windows menggunakan flashdisk dengan mengunakan 2 aplikasi yaitu : membuat bootable dengan aplikasi YUMI dan membuat bootable windows menggunakan RUFUS.

Apa itu ISO..?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membuat instalan windows. Kita perlu mengetahui apa itu ISO..? 

ISO merupakan file yang berahiran atau berformat ISO. File ISO sendiri adalah sektor untuk salinan sektor dari semua data dari disc. File ini merupakan salinan atau kopian dari CD atau DVD, dengan struktur file dan data yang sama. Seperti sebuah lembaran fotokopy yang sama dengan lembar asinya itu lah ISO. ISO sering juga di sebut sebagai image dari file asli.

ISO merupakan singkatan dari “International Organization for Standardization” yang merupakan nama organisasi yang membuat industry standard. ISO juga sering di kenal dengan salinan file atau data dalam bentuk asli, yang sering kita jumpai dlam bentuk file sistem oprasi, aplikasi atau games yang biasaya beredar di file sharing.
  
“ Membuat insatalan windows dengan menggunakan falsdisk”. Sebelum anda membuat instalan IOS windows terlebih dahulu anda harus mengetahui spek dari laptop atau komputer yang akan anda insntal.

Mengapa harus mengetahui spek laptop atu komputerterlebih dahu, karna di takutkan IOS tidak sesuai kopetibel dengan perangkat, bisa menyebabkan komputeranda menjadi lelet. Oprasi sistem windows memiliki dua tipe processor yang sering di gunakan yaitu 32 bit dan 64 bit. 

Apa bedanya 32 bit dan 64 bit. Perbedaannya terletak pada kecepatan pemprosesan data oleh Processor, semakin besar basis sistemnya maka tingkat kecepatannya akan semakin cepat dalam mengirim data.

Bagai mana cara mengetahui spek laptop..??

Untuk mengetahui spek kompuer atau laptop anda cukup sederhana yaitu jika laptop anda memiliki RAM 2 Gb maka Processor anda bertipe 32 bit. Dan jika Ram laptop anda 4 GB maka tipe prcessor anada 64 bit.

Bagaiman jika processor 23 bit di insatal menggunakan OS window 64 bit.  Sebenarnya tidak terlalu berpengaruh atau derdapak fatal. Akan tetapi kinerja komputer anda akan kurang baik, lelet, terasa berat, dan hal tersebut akan berdampak pada softwere yang akan anda instal nantinya.

Jadi, jika kopuer anda memiliki RAM 2 GB maka sebaiknya anda mengintal menggunakan IOS windows 32 bit. Begitupun untuk RAM 4 GB gunakan IOS 64 bit agar kompuer anda berjalan sesuai dengan harapan. Untuk pembahasan seputar cara mengetahui Spek kompuer atau laptop akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Membuat instalan Windows menggunakan " YUMI "

Membuat intalan windows menggunakan aplikasi yumi. Kali ini kita akan membahas tentang membuat instalan atau mem Burning ISO dengan aplikasi yumi di dalam flsh disk. Jika anda belum memiliki softwere ini bisa anda download di situs resminya di sini " Yumi ". Adapun langkah- langkahnya sebagi beikut :

Jika anda telah membaca artikel di atas, tentu anda telah paham bagaimana cara memilih OS yang baik yang sesui dengan komputer yang akan anda instal. Untuk “ Membuat insatalan windows dengan menggunakan falsdisk” ikuti langkah- langkah proses pembuatanya sebagi berikut.

1. Pertama tentu anda harus menyiapkan Flasdisk yang akan kita gunakan untuk pembuatan instalan. Untuk kreteria falsdisk sendiri terserah anda, bisa mengunakan fasdisk yang berukuran 2,4,6,8,10,16 GB intinya lebih besar dari ukuran file IOS.

2. Sediakan file IOS windows. Jika anda belum memilikinya silahkan download terlebih dahulu di situs resmi windows ataun di sius- situs web lainya. Akan tetapi sebaiknya anda lansung saja mendownloadnya di situs resminya karna jika di situs- situs web lainya di takutkan terdapat malwere- malwere berbahaya yang dapat merusak perangkat keras komputer anda.

3. Selanjutnya buka aplikasi  Yumi. Jika anda belum memilik aplikasi tersebut, bisa anda download dulu di google, setelah selesai mendownload lansung saja instal aplikasinya dan jalankan di komputer anda. Yumi merupakn aplikai yang sering di gunakan untuk membuat instalan IOS entah itu Instalan windows, linux, debian dan lain- lain.

4. Mem Burning ISO windows dengan menggunakan yumi. Jadi file ISO windows yang telah anda download tadi kita burning ke flasdisk mengunakan aplikasi yumi. Agar lebih jelas bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

proses pembuatan instalan atau bootable dengan aplikasi yumi

Pada gambar di atas merupakan tampilan aplikasi yumi yang dimana memiliki beberapa pilihan dan menu yang akan kita isi sesuai dengan yang anda inginka. Penjelasnya sebagai berikut :
  1. Menu mepilihan lokal disk atau pillihan flasdisk yang akan anda gunakan untuk menaruh instalan entah itu windows,linuk maun IOS yanga lainnya.
  2. Menu untuk memlilih IOS apa yang akan anda Burning. Terdapat beberapa pilihan diantaranya windows7, windows 10, linux, debian, kali linuk dan masih banyak lagi. Pilih sesuai dengan IOS apa yang akan anda burning. 
  3. Menu untuk mencarai file atau IOS yang akan burning. Untuk mencarinya silahkan kelik toombol "Browse" maka akan tampil folder, dan cari dimna anda menaruh atau menyimpan file IOS tersebut di komputer anda.
  4. yang Ke 5 pilihan jika anda ingin memformat isi fash disk anda maka centang pada kolom yang ke dua.
  5. Lalu langkah ke 6 lansung saj klik "Create" unruk memulai proses pembuatan
lankah- langkah pembuatan bootable windows dengan yumi



  • Selanjutnya akan tampil jendela baru seperti gambar di atas maka lansung saja pilih " yes " untuk maelnjutkan.
  • Untuk jendela yang kedua merupakan tampilan proses pengiriman data ke palsh disk atau proses pembarningan. Tunggu hingga proses selesai.
Maka pembuatan instalan windows dengan menggunakan aplikasi "YUMI" telah selesai. Instalan windows anda telah jadi. Maka flsah disk anda telah berisi Instalan windows yang siap anda instalkan ke komputer anda. Baca : Penyebab Android Mati Tiba-tiba,Restar sendiri

Lihat Videonya : Video cara membuat instalan windows di Flashdisk dengan "YUMI"



Membuat instalan Windows menggunakan " RUFUS "

Rufus juga merupakan apliksi atau softwere yang sering di gunakan untuk pembuatan intalan sebuah sistem oprasi entah itu windows, linux dan lain- lain. Cara epmbuatannya tidak jauh beda dengan yumi, namun memiliki sedikit perbedaan. Untuk proses pembuatanya bisa anda simak di bawah ini: 

1. Pertama tentu anda harus menyiapkan Flasdisk yang akan kita gunakan untuk pembuatan instalan. Untuk kreteria falsdisk sendiri terserah anda, bisa mengunakan fasdisk yang berukuran 2,4,6,8,10,16 GB intinya lebih besar dari ukuran file IOS.

2. Sediakan file IOS windows. Jika anda belum memilikinya silahkan download terlebih dahulu di situs resmi windows ataun di sius- situs web lainya. Akan tetapi sebaiknya anda lansung saja mendownloadnya di situs resminya karna jika di situs- situs web lainya di takutkan terdapat malwere- malwere berbahaya yang dapat merusak perangkat keras komputer anda.

3. Selanjutnya buka aplikasi  Rufus. Jika anda belum memilik aplikasi tersebut, bisa anda download dulu di google,atau di sini "RUFUS" setelah selesai mendownload lansung saja instal aplikasinya dan jalankan di komputer anda. Rufus merupakn aplikai yang sering di gunakan untuk membuat instalan IOS entah itu Instalan windows, linux, debian dan lain- lain.

4. Mem Burning ISO windows dengan menggunakan rufus. Jadi file ISO windows yang telah anda download tadi kita burning ke flasdisk mengunakan aplikasi rufus. Agar lebih jelas bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

cara membuat instalan windows dengan aplikasi rufus di flshdisk dengan mudah

Gambar di atas merupakan tampilan aplikasi atau softwere Rufus yang memiliki beberapa pilihan yang akan kita isi untuk membuat instalan atu bootable windows meggunakan rufus. Adapun langkah pembuatanya sebagai berikut :

1. Menu 1 merupakan pilihan tempat menaruh atau penyimpanan file IOS windows yang ingin anad bootable. Pilih Flasdisk yang ingin anda gunakan untuk menyimpannya.

2. pilihan ke 2 Pilihan tipe instalan, dilam pilihan ke 2 terdapat 3  pilihan yaitu. Di langkah ke 2 ini merupakan perbedaan rufus dengan yumi. Yumi idak menyediakan jenis partisi seprti rufus. 
  1. MBR partition scheme for BIOS or UEFI : Untuk komputer atau laptop yang menggunakan BIOS ataupun UEFI dalam proses booting. Jadi jika komputer anda mengunakan BIOS maka pilih "MBR partition scheme for BIOS or UEFI ". Dan jika komputer anda menggunakan UEFI maka pilih "MBR partition scheme for BIOS or UEFI ".Pilihan ini mendukung BIOS dan UEFI.
  2. MBR partition scheme for UEFI : Untuk komputer yang menggunakan UEFI saja. Jika komputer anda mengunakan UEFI maka anda bisa memilih "MBR partition scheme for UEFI". Pada MBR, hard disk  memiliki batasan limit yang sangat kecil yaitu maksimal 2 Tera.
  3. GPT partition scheme for UEFI : Untuk komputer yang menggunakan UEFI saja. Jika komputer anda mengunakan UEFI maka anda bisa memilih "GPT partition scheme for UEFI". Pada GPT, harddisk menawarkan space lebih tinggi yaitu 2 tera lebih.
Jika nada telah mengetahui perbedaanya maka seljutnya pilihlah "MBR partition scheme for BIOS or UEFI" seperti pada gambar di atas. 

3. Langkah ke 3  Tipe flash disk yang anda gunaan untuk menyimpan file IOS.Untuk langkah no 3 pilih FAT 32 karna anda menggunakan flashdisk.
4. Langkah ke 4 pilih seperti pada gambar di atas.
5. Nama Falsdisk. Anda bisa mengganti nama flashkdisk anda sesui dengan keinginan.
6. Pilih free dos 
7. Langkah ke 7 yaitu memilih IOS ayang akan anda burning yang tersimpan di komputer anda.
8. pilih star , maka proses pembuatan instalan sedang berjalan. Tunggu gingga prosesnya selesai.

Setelah proses pemburningan selesai maka di dalam falashdisk anda sudah terdapat file instalan windows. Untuk proses pembuatan intalan linux mint,backtrack atau kali linux, dan debian anda bisa menggunak apliksi rufus atupun yumi. Baca : Cara Bermain Games Android DI PC/ Laptop,

Simak vidoenya : Video Cara membuat instalan windows dengan "RUFUS"


Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas anda bisa meninggalkan komentar anda atupun menghubungi kami melalaui fanspage facebook kami yaitu balog18. Dan jangan lupa like fanspage kami dan susbcribe cahanel youtube kami. 

0 komentar

Posting Komentar