Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Cek Kondisi Hp Samsung Android Bekas (work 100%)

10 Cara Cek Kondisi Hp Samsung Android Bekas (work 100%)

Bagaimana cara mengetahui kondisi hp samsung dengan singkat, cepat dan mudah. Untuk mengetahui kelayakan kondisi hp sangatlah penting, di karenakan, bagaimana jadinya jika hp kita dalam keadaan tidak normal atau rusak. 

Terlebih bagi anda yang ingin membeli hp bekas, tentu pastinya yang di harapkan hp dalam keadaan baik, normal dan tidak rusak.

Terlebih bagi anda yang memiliki usaha di bidang jual beli hp, trik ini sangatlah penting bagi anda ketahui, karna tentu hp yang akan anda beli atau yang akan anda jual, harus dalam keadaan normal.

Selain itu, dengan metode ini kita juga dapat membedakan antara hp samsung yang asli dan yang tiruan, kw, king-copy.

Nah.. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan atau berbagi tips dan trik, bagimana cara mengetahui kondisi hp samsung dalam keadaan normal atau rusak.

Cara-cara berikut ini, merupakan langkah-langkah yang pernah penulis laukan dalam mengecek hp samsung, yang merupakan pengalaman pribadi bagi penulis.

Untuk mengecek kondisi atau kerusakan hp samsung dapat di lakukan dengan banyak cara, dari yang paling mudah sampai dengan pengecekan yang cukup berat (membutuhkan alat bantu pengecekan).

Pengecekan di lakukan secara bertahap, agar hasilnya dapat memuaskan, pada artikel ini akan kami kemas secara bertahap-tahap dari yang termudah sampai yang cukup sulit.

Namun anda juga dapat memilih cara-cara pengecekan sesui keinginan anda, dengan melihat daftar isi dari artikel ini.

Langkah-langkah Pengecekan hp samsung 

Pengecekan Kode IMEI

Sebelum mengecek kode IMEI, kita harus tahu dulu apa itu IMEI..?, apa fungsi dan kegunaanya..? 

IME adalah : imei merupakan buah nomor yang terdiri dari serangkaian angka unik yang terdiri dari 15 digit yang merupakan identitas resmi dari sebuah ponsel. 

Imei ibarat sebuah kartu identitas pada sebuah ponsel. Seperti halnya manusia yang memiliki nomor identitas seperti KTP. 

Imei memiliki banyak fungsi antara lain, jika sebuah ponsel tidak memiliki nomor iMEI, maka ponsel tidak akan mendapat layanan atau sinyal, tidak dapat melakukan panggilan tidak dapat mengirim dan menerima pesan.  

Selain itu iMEI juga digunakan untuk mengidentifikasi peraangkat yang valid, sehingga dapat dilakukan pemblokiran jaringan. 

Khususnya di Indonesia, di tahun 2020 ini pemerintah Indonesia melalui Kementerian komunikasi dan informasi atau kominfo, akan melakukan pemblokiran jaringan terhadap ponsel- ponsel ilegal yang kode imei-nya tidak terdaftar pada kementrian Perindustrian. 

Artinya ponsel-ponsel yang dibawa dari luar negeri, atau ponsel-ponsel yang berasal dari black market(ilegal), tidak akan mendapatkan layanan jaringan. 

Jika, ponsel Anda berasal dari luar negeri, kemudian kode IMEI hp anda tiba-tiba hilang, ataupun tidak mendapat layanan jaringan dari pihak provider di Indonesia, maka bisa dipastikan bahwa kode IMEI hp anda tidak terdaftar pada beacukai. 

Lalu bagaimana cara mengecek kode IMEI pada HP..? 

Cara Mengecek kode IMEI Pada Ponsel Android

Jika anda telah mengetahui apa itu imei dan apa saja fungsi nya, maka selanjutnya anda dapat mengecek kode ime hp samsung yang anda miliki dengan cara beriku ini.

  • Kode Cek IMEI
Untuk mengecek kode MMI dapat dilakukan dengan beragam cara, salah satu cara yang sangat mudah yaitu pengecekan dengan menggunakan kode "*#06#"

Kode cek ime hp samsung

Dengan cara, masuk pada menu panggilan, ketikan kode "*#06#" pada papan dial-up ponsel, tanpa menggunakan kutip dua ("), maka secara otomatis kode IMEI akan tampil. Cara ini juga dilakukan untuk mengecek keaslian sebuah ponsel termasuk Samsung ataupun brand ponsel lainnya. 
  • Melalui Pengaturan Ponsel
Cara kedua anda bisa mengecek kode imei melalui menu pengaturan pada ponsel, dengan cara: 
- masuk ke menu pengaturan 
- pilih tentang ponsel 
- kemudian pilih status 
- selanjutnya pilih informasi IMEI 
- maka akan tampil kode imei,  jika hp anda mono sim (hanya 1 sim card) maka teradapat 2 kode imei yaitu kode "IMEI" dan "IMEI SV".
- Jika hp anda dual sim maka akan terdapat 4 kode imei, sesuai dengan jumlah sim card ponsel.
- Kode IMEI, merupakan kode imei pada umumnya, sedangkan 
- Kode IMEI SV, merupakan kode nomer seri dari pabrikan, diamana funsinya digunakan bagi pabrikan untuk mengirim pembaruan sesui dengan nomer seri imei sv nya.

Cek kode Imei Hp yang Valid (Resmi)

Cara cek kode IMEI yang di blokir pemerintah di kementrian perindustrian

Cek kode imei di situs kementrian perindustrian, untuk mengetahui hp anda resmi atau tidak dengan cara:
  • Kunjungi situs web kementrian perindustrian atau disini
  • Kemudian masukkan kode imei pada form 
  • kemudian tekan "enter" atau "cari"

Kode Ime Di Blokir

Solusi yang bisa anda lakukan yaitu, mendaftarkan ponsel anda ke kantor Bea Cukai terdekat, dengan biaya ya kurang lebih 30% dari harga HP yang anda miliki. 

Artinya jika HP anda seharga satu juta maka biaya yang akan anda keluarkan kurang lebih sekitar Rp300.000

Jika kode IMEI ponsel Anda tiba-tiba hilang, Sebelum anda membawanya ke tukang service, anda bisa melakukan cara berikut: Cara Mengembalikan kode imei yang hilang.

Kode Rahasia Untuk Megetahui Kondisi HP Samsung Baik Softwere Maupun Hardwere Secara Mudah dan Cepat.

Kode ini kami jamin work (100%), karena sebelum penulis membagiakan tips ini, kami telah mengetes kode-kode berikut pada perangkat samsung j710GN atau samsung j7 2016 dan pada samsung galaxy young duos

  • Mengecek kode keaslian samsung dengan kode *#1234#

Kode *#1234# ini berfungsi untuk mengecek type dan versi dari hp samsung. Ketika kita mengetikkan kode ini pada dial-p maka secara otomatis akan keluar informasi berupa tipe firmware atau perangkat lunaknya berupa file AP, CP, CSC, dan Nomor Model.

Apa yang di maksud dengan file AP,CP,CSC, Dan Nomer Model..?

AP: Merupakan Android Partition, file sistem utama dari pihak samsung

CP: Berkas firmware modem

CSC: Consumer Sofyware Customization, file terkait dengan masing-masing regional atau data seluler.

Model : merupakan tipe dari hp samsung

Untuk penjelasan lebih akan kita bahas pada artikel berikutnya, ketiga file diatas bisanya akan kita temui ketika melakukan flashing pada hp samsung. 

Kode rahasia untuk mengecek keaslian samsung

Artinya jika kita telah memasukkan kode tersebut pada papan dial-up, kemudian layar hp tidak menampilkan informasi terkait perangkat, maka bisa dipastikan hp samsung tersebut, merupakan samsung tiruan, kw,ataupun  supper  copy. 

Untuk nomer model sendiri, sebelum anda melakukan pengecekan sebaiknya terlebih dahulu anda mengetahui nomer model dan type hp anda. Agar kita bisa membandingkan dengan kode yang tertera setelah pengecekan.

  • Mengecek Kondidi bateray dengan kode *#0228#

Kode ini berfungsi untuk mengecek kondisi baterai pada hp samsung, dan memberikan informasi  terkait dengan, tegangan baterai ( Voltage), persensentase baterai (Level), konsumsi arus dan lain-lain.

Cara kek kondisi batere hp samsung

  • Mengecek Touchscreen samsung dengan kode *#0*#

Lakukan pengecekan layar sentuh pada hp samsung dengan menggunakan kode *#0*# untuk mengetahui apakah touchscreen dalam keadaan normal. Bukan hanya sekedar layar sentuh, selain itu kode ini juga sangat komplit.

kode rahasia cek touchscreen hp samsung

Diamana ketika kita mengetikkan kode *#0*# pada menu dial-up atau menu panggilan maka secara otomatis anda kan di alihkan ke menu engginering mode pada hp samsung. Pada mode ini kita dapat memerikasa 17 modul atau perangkat pada hp antara lain:

  1. Penegecekan warna LCD (RED, GREEN, BLUE)
  2. Receiver
  3. Vibration (getar)
  4. Dimming (keakuratan warna pada lcd)
  5. Mega Cam, pengecekan kamera depan dengan menggunakan lampu flash
  6. Sensor
  7. Touch, pengecekan touchscreen
  8. Speaker, pengecekan suara
  9. Dan lain-lain seperti pada hambar di bawah ini.

  • Pengecekan Umur HP Samsung *#12580*369#

Umur sebuah perangkat elektronik merupakan salah satu faktor penunjang yang paling penting, karna tentu semakin tua sebuah perangkat maka tingkat kinerjanyapun akan semakin menurun.

kode rahasia cek umur hp samsung, dan tanggal berapa hp samsung pertama kali digunakan

Seperti halnya manusia, ketika umurnya semakin tua maka tinggkat kinerjanya pun akan semakin menurun, lebih gampang lelah, rentang terkena penyakit, begitupun halnya sama dengan ponsel.

Karna, hp sendiri tersusun dari ratusan komponen elektronika, seperti IC, CPU, EMMC, Dioda, Capasitor, dan komponen lainnya. Dan jika kita asumsikan hp berumur 5 tahun = 43.830 jam. 

Artinya selama itulah komponen-kompenen tersebut di aliri oleh tegangan dan arus listrik. Jadi jangan heran jika bayak kita temui kasus-kasus hp mati dengan sendirinya.

Jadi ketika anda berniat ingin membeli hp bekas maka, lihatlah umur dari hp yang akan anda beli terlebih dahulu dengan menggunakan kode di atas.

  • Pengecekan Wifi dengan versi FTA SW dengan Kode *#1111#

Kode ini akan mengarahkan anda pada halaman servicemode untuk mengecek versi SW, dan jaringan wifi. Pengecekan wifi dapat di lakukan dengan cara meng-klik tombol titik 3 pada bagian kanan atas. kemudian pilih wifi.
cara cek  kerusakan pada wifi hp samsung

Masih bayak kode rahasia yang digunakan untuk pengecek hp android khusnya pada hp samsung, namun penulis membagikan beberapa kode yang di jamin bekerja (100%) khusus pada hp samsung.

Karena cukup banyak blog atau situs yang memberikan kode-kode rahasia, namun kebanyakan kode-kode tersebut tidak berjalan pada php samsung.

Sekian semoga tulisan "10 Cara Cek Kondisi Hp Samsung Android Bekas (work 100%)" bermanfaat bagi teman-teman semua dan memberikan wawasan baru, dan terhindar dari penipuan.

Jika ada suatu hal yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar anda pada kolom komentar di bawah.