Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Lengkap Mengubah Word ke Pdf di HP Tanpa Aplikasi

3 Cara Lengkap Mengubah Word ke Pdf di HP Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara merubah file dokumen dengan format Word ke dalam bentuk format pdf. yang artinya bangaimana cara meng konvert atau mengubah file microsoft word menjadi file pdf dengan hp ataupun dengan pc.

Dalam melakukan konversi dokumen ke dalam bentuk word dapat dilakukan dengan beragam cara, dari yang sederhana hingga yang cukup rumit. tergantung,.! metode mana yang menurut kita lebih baik dan mudah untuk digunakan.

Pengetahuan tentang bagaimana merubah dokumen dalam bentuk pdf ini sangat penting khususnya bagi pelajar, mahasiswa ataupun karyawan dan pegawai perusahaan. 

Khususnya bagi Anda yang setiap harinya selalu bersinggungan dengan data maka hal ini tidak akan asing bagi anda.

Karna tentu dalam melakukan pekerjaan dan menyelesaikan tugas, di tuntut untuk mahir dalam mengolah data.

Bahkan di era ini, ketika anda ingin melamar suatu pekerjaan di sebuah perusahaan, maka anda akan dimintai mengirim berkas lamaran dalam format pdf. 

Mengapa Menggunakan PDF...?

Mungkin sebagian kita bertanya-tanya mengapa harus menggunakan pdf tidak menggunakan format dokumen yang lain.? 

Tentu, di balik semua itu, file pdf atau format dokumen pdf ini memiliki banyak kelebihan diantaranya: 

  1. File dengan format pdf  bersifat fleksibel. Yang artinya file pdf dapat dibuka di semua platfom seperti komputer, smartphone, ataupun di sisi browser yang support dengan file pdf seperti Mozilla Firefox ataupun Google Chrome, tanpa merubah format aslinya. 
  2. Dengan adanya format pdf  maka kita dapat mengunci dokumen, yaitu dengan memberikan password sehingga ketika dokumen pdf  ingin dirubah maka dibutuhkan password untuk dapat membukanya. 
  3. File pdf  tidak mudah untuk dirubah namun dapat diubah ataupun diedit dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga sejenis "Pdf  Reader"
  4. Memiliki kapasitas dokumen yang cukup kecil dibandingkan dengan kapasitas atau ukuran dokumen aslinya. 

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips bagaimana merubah atau mengkonversi file dokumen atau Word ke dalam bentuk pdf dengan berbagai metode, yang bisa anda coba sendiri, antara lain sebagai berikut: 

Baca Juga: 10 Penyebab Android Tiba-tiba Mati ,Restar sendiri, dan Cara Mengatasinya

Merubah file Word ke PDF melalui komputer

Jika anda ingin mengubah file world ke pdf melalui komputer maka anda bisa mencoba dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini: 

#1. Dengan menggunakan Microsoft Word 2007 

Jika anda pengguna Microsoft Word 2007 maka untuk mengkonvert file Word ke format PDF dapat dilakukan dengan menggunakan vitur "Save As to pdf"

Sayangnya fitur save as to pdf ini belum ada pada Microsoft versi 2007, sehingga dibutuhkan aplikasi pihak ketiga, yaitu "addon" atau aplikasi online. 

Yang nantinya akan kita pasang pada Microsoft Word 2007. Lalu bagaiman cara mamasang nya..??

Adapun caranya yaitu sebagai berikut

  • Download aplikasi "addon"-nya melalui situs resmi cari Microsoft, kemudian download hingga selesai. 
  • Atau anda bisa dowload di sini
Cara Instal addon di microsoft 2007
  • jika telah selesai download selanjutnya double Click pada "addon". Pastikan kondisi Microsoft Word dalam keadaan tertutup, kemudian centang pada menu  license terms. 
Instal addon save to pdf pada microsoft 2007
  • Selanjutnya buka kembali file dokumen yang akan anda rubah sebelumnya ke dalam bentuk PDF, kemudian lakukan penyimpanan, dengan mengklik logo Microsoft pada bagian Sisi kiri atas, kemudian pilih save as.
  • Jika di sisi kanan terdapat menu option publish a copy of the document as a pdf file, maka aplikasi save to pdf telah terpasang dengan baik, 
Cara mengubah file dokumen menjadi pdf pada microsoft 2007

Selanjutnya lakukan penyimpanan dengan memilih menu pdf, maka secara otomatis dokumen akan berubah menjadi file pdf. 

#2. Dengan menggunakan Microsoft Word 2010 

Pada Microsoft 2010 fitur "Save As To Pdf" sudah terpasang secara default pada aplikasi microsoft. Jadi kita cukup menggunakannya tanpa harus memasang  aplikasi pihak ketiga, lalu bagaimana cara cara penggunaannya..? 

Cara penggunaannya cukup mudah yaitu:

  1. Membuka file dokumen yang akan dirubah ke dalam bentuk pdf 
  2. Klik menu file yang terletak pada bagian kiri atas as, kemudian pilih Savae and Send
  3. Maka akan tampil menu pada bagian sisi kanan, kemudian pilih create pdf/xps dokumen, kemudian pilih create pdf and xps.
Cara merubah file word ke pdf dengan microsoft 2010

#3. Dengan menggunakan Microsoft Word 2013, 2015, 2016

Sedangkan pada Microsoft 2013 ke atas, untuk mengkonversi dokumen Word dalam bentuk Pdf dapat dilakukan dengan sangat mudah, yaitu dengan dua cara antara lain: 

  1. Menyimpan file dokumen Word ke dalam bentuk pdf, dengan cara memilih menu save as, kemudian merubah format file pdf. 
  2. Selanjutnya yaitu dengan mengekspor file, dengan cara cara mengklik export > great pdf / xps dokumen.

#4. Menggunakan Nitro PDF 

Konvert dokumen dengan nitro pdf

Nitro pdf merupakan aplikasi yang berbasis desktop, namun tidak hanya di desktop aplikasi ini juga ada untuk versi android yang dapat dijalankan di smartphone. 

Aplikasi ini cocok untuk pengguna profesional karena di dalamnya terdapat beragam fitur yang sangat bermanfaat dan mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan. 

Selain itu aplikasi ini juga dapat mengkonversi atau merubah format file sesuai yang kita inginkan dan khususnya dapat mengedit file PDF.

Sayangnya aplikasi ini berbayar, namun jangan khawatir karna anda dapat menggunakannya secara geratis dalam masa percobaan.

Namun jika anda ingin yang gratis dan free, andabisa mencari tutorialnya di google ataupun salah satu blogg pupuler yaitu kuyhaa-me.

Konvert Word to Pdf secara online (tanpa aplikasi)

Selain menggunakan untuk mengkonversi file dengan format dokumen ke dalam bentuk pdf dengan menggunakan Microsoft Word, kita juga dapat melakukannya secara online

dimana cukup banyak situs yang menyediakan jasa mengubah format data misalkan dokumen ke dalam bentuk pdf ataupun sebaliknya merubah file pdf ke dalam bentuk dokumen, secara gratis.

Cara ini merupakan cara yang terbilang sangat mudah, karena kita hanya bermodalkan koneksi internet dan dapat terhubung ke jaringan internet kemudian mengunjungi situs yang menyediakan jasa convert. 

Adapun daftar situs atau website yang memberikan jasa konversi data secara gratis antara lain sebagai berikut: 

Mengubah file Word ke PDF Melalui HP

Kemudian yang terakhir kita akan membahas bagaimana cara mengkonversi atau merubah file dokumen ke dalam bentuk PDF dengan menggunakan smartphone android. 

Dengan adanya smartphone segala sesuatu dapat dilakukan hanya melalui genggaman tangan. 

Untuk untuk mengubah file dokumen menjadi pada smartphone Android dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: 

Yang pertama, konversi secara online yaitu melalui browser Android ataupun google Chrome, hanya dengan cara mengunjungi situs atau website yang sebelumnya telah kami Sebutkan diatas. 

Yang kedua, yaitu dengan menggunakan aplikasi, yang dapat didownload di Play Store. 

Kumpulan Aplikasi Konverter Word To Pdf di Android

Ada beberapa aplikasi Android yang kami rekomendasikan untuk anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda antara lain sebagai berikut: 

#a. Convert word to PDF documents Doc to PDF 

Aplikasi ini dapat anda install di Smartphone milik anda dengan oS Android minimal 2.0 ke atas, dengan ukuran 4.6 mb. 

Download Convert word to PDF documents Doc to PDF

#b. WPS office 

WPS Office merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sebagai pengolah data dan dokumen seperti halnya Microsoft mobile, wPS Office versi mobile ini memiliki sebuah fitur yang dapat mengkonversi dokumen ke dalam bentuk PDF, namun untuk menggunakan fitur tersebut harus memiliki koneksi internet. 

Untuk dapat menginstalnya dibutuhkan oS Android minimal 5.0 ke atas, dengan ukuran 101 MB. 

Download WPS Office

#c. SmallPDF 

Small PDF selain dapat diakses melalui website, smallpdf juga memiliki aplikasi berbasis Android yang dapat didownload di Play Store cara gratis. 

Aplikasi ini dapat berjalan pada smartphone Android dengan operasi sistem minimal 6.0 dengan ukuran 104 MB.

Download aplikasi Smallpdf for android

#d. Doc ke PDF Converter

Aplikasi ini juga sama dengan aplikasi converter pdf lainnya namun aplikasi ini cukup ringan dan penggunaanya pun cukup mudah.

Aplikasi ini dapat anda download di play store ataupun di bawah ini.

Doc ke PDF Converter


Sekian dari kami semoga artikel "3 Cara Lengkap Mengubah Word ke Pdf di HP Tanpa Aplikasi" dapat memberikan manfaat. Jika ada suatu hal yang kurang jelan dan belemun di mengerti, sikan tinggal kan komentar pada kolom komentar.

Baca Juga: