Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Pewarisan Java oop : Bangun Ruang dengan JAVA


Contoh Program Pewarisan Java oop : Bangun Ruang dengan JAVA

Bagaimana cara membuat program sederhana menghitung  bangun ruang dengan konsep pewariasan atau inheritane menggunkan bahasa java dengan konsep objek oriented programing  (Berorientasi objek). 

Dimana dengan menggunkan konsep objek oriented kita dapat membuat sebuah program dengan  berbagi macam class, objek, methode dan lain sebagainaya.

Jika anda sudah paham mengenai konsep Pemrograman berorientasi objek maka anda tidak akan kebingungan dengan contoh program di bawah ini.

Akan tetapi jika anda belum paham dengan kondep Pemrograman berorientasi objek, maka anda tak perlu khwatir karna kami akan terangkan seditail mungkin.

Konsep Pewarisan "inheritance" Java


Konsep utama dari inheritance adalah yaitu sebuah class akan mewarisi sifat class induknya yang artinya class anak akan mewarisi class induknya.

Sepertihalnya manusia yang mewarisi sifat dari kedua orang tuanya. Dab hal ini berlaku juga dengan pemrograman berorientasi objek (PBO).

Contoh misalkan saya memiliki 2 class yaitu class induk dan class anak, kemudian class induk memiliki 5 variabel.  Maka class anak tidak perlu melakukan deklarasi variabel karna class anak telah mewarisi dari klass induknya. 

Konsep pewarisan pada bahasa pemrograman java opp

Cara menggunakan Pewarisan "inheritance" pada Java.


Untuk dapat melakukan pewarisan atau inheritance dilakukan dengan menambahkan kata kunci "extend" pada class yang ingin di warisakan. 

Seperti pada gambar di bawah ini

Contoh pewarisan sederhana java oop dengan contoh bangun ruang


Jadi pada contoh pemrograman membuat atau menghitung bangun ruang denagan konsep oop memiliki beberapa ketentuan diantaranya sebagi berikut:

#1 Kasus


Membuat program menghitung bangun ruang yaitu kerucut, balog, dan kubus, dimana ketiga bangun ruang tersebut harus memiliki class yang berbeda-beda kemudian buat sebuah class main untuk memanggil ketiga class diatas.


#2 Membuat Class Utama "Bagun_ruang"


Apaitu class main..?


Calss main merupakan class utama yang dimana nantinya class-class lainnya kan di pangi didalam class utama main ini.

Jadi class kubus,balok, dan kerucut nantinya akan di panggil atau di jalankan di dalam class man ini sehingga ketiga class tersebut harus mewarisi sifat dari klass utama yaitu class bangun ruang. Terkait dengan pewariasan akan kita bahas di lain lain kesempatan.

Cara membuat class main (class utama )


Silahkan buat class baru dengan cara “new project” + “java / Java Application+Contoh pewarisan sederhana java oop

Kemudian Ganti nama class dengan nama “Bangunriang” kemudian ceting “Create main class” untuk membuat class main, adpaun untuk membuat class biasa maka hilangkan centangnya. 

Kemudian pilih “finis”.


#3 Membuat Class "Kubus"


Adapun caranya sama seperti cara di atas kemudian tulisakn kode program di bawah ini pada class kubus.

 
package bangunruang;
public class kubus extends Bangunruang {
    private int volumek;  
    public void Bangunruang(int panjang,int lebar,int tinggi){
        this.panjang=panjang;
        this.panjang=panjang;
        this.tinggi=tinggi;
        
        volumek=panjang*lebar*tinggi;
 
        System.out.println("Volume kubus : "+volumek);
    }  
}

Pada "class kubus " di lakukan perhitungan kubus berdasarkan variabel yang telah di definisikan terlebih dahulu di class utama "class bangun_ruang"

#4 Membuat Class "Balok"


Adapun caranya sama seperti cara di atas kemudian tulisakn kode program di bawah ini pada class Balok.

Class Balok akan mewarisi sifat dari dari clas utama yaitu class bangun ruang 

 
package bangunruang;
public class balok extends Bangunruang {
    private int volumeb;
    public void Bangunruang(int panjang,int lebar,int tinggi){
        
        this.panjang=panjang;
        this.panjang=panjang;
        this.tinggi=tinggi;
        
        volumeb=panjang*lebar*tinggi;
        System.out.println("Volume balok : "+volumeb);
    }
}

#5 Membuat Class "Kerucut"


Adapun caranya sama seperti cara di atas kemudian tulisakn kode program di bawah ini pada class kerucut.

Pembuatan class kerucut digunakan untuk melakukan perhitungan pada bangun ruang kerucut yang nantinya akan di panggil di class uatam yaitu class "bangun ruang".

 
package bangunruang;

public class kerucut extends Bangunruang{
    int jari;
    int pi;
    public void Bangunruang(int jari,int pi,int tinggi){
        
        this.jari=jari;
        this.pi=pi;
        this.tinggi=tinggi;
        
        volume=jari*pi*tinggi;
        System.out.println("Volume kerucut : "+volume);
    }
    
}


#6 Pemanggilan kelass pada class utama "Bangun_ruang"


Selanjutnya Kita kembali ke class main yaiyu class “bangunruang”. Pada class main ini kita akan memanggil ketiga class yang telah kita buat sebelumnya.

Silahkan tuliskan kode program di bawah ini.

 
package bangunruang;
public class Bangunruang {
    int panjang,lebar,tinggi,sisi;
    int volumeb,volumek,volume;
   
    public static void main(String[] args) {
  
        kubus ba=new kubus();
        balok lk=new balok();
        kerucut cu=new kerucut();
        
        cu.Bangunruang(10,11,20);
        ba.Bangunruang(3,4,9);
        lk.Bangunruang(4,8,5);
    }
}

Penjelasan :
Pertama membuat objek baru dari ketiga class yang telah kita buat seblumnya yang dimana :
ba = class kubus
lk = class balok
cu = class kerucut.
kedua : memberikan nilai pada objek sesui dengan parameter yang telah kita entukan sebelumnya.

Hasil Runing : 
Hasil runing program menghitung bangun ruang java dengan menggunkan konsep PBO pewarisan / inheritance
Hasil runing
Sekian semoga bermanfaat, bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa pemrograman java dengan konsep pemrograman berorientasi objek dengan teman pewarisan "inheritance". 

Jika teman-teman butuh file utuhnya dalam bentuk project bisa menuliskan email anda di kolom komentar.