Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#1 Belajar PBO java :Pengertian Class Dan Object

Apasih yang di maksud dengan Class Dan Object pada konsep pemrograman Object Oriented programing atau pemrograman berorintasi object.

sebelum kita membahasanya lebih jauh maka kita aharus tahu dulu apa yang di maksud  class dan apa yang di maksud object dan apa sih yang di maksud dengan pemrograman berorientasi objek..?

Class Dan Object pada bahasa pemrograman java dengan konsep oop atau pemrograman berorientasi objek
Contoh pemrograman berorientasi objek


Pemrograman berorientasi object..?


Menurut garis besarnya yang kami kutuib dari wikepediya Pemrograman berorientasi object adalah :

object oriented programing disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep "objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut, serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method.

Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,

Jadi pemrograman berorintasi objek adalah sebuah konsep atau cara membuat sebuah program dengan menyusun program dengan beberapa class dan objek. yang nantinya class-class tersebut bisa saling berkaitan satu dengan lainnya.

Apa itu Class..?


Class Merupakan model yang berisi kumpulan atribute dan method dalam satu unit untuk satu tujuan tertentu. Kelas merupakan salah satu konsep pundamental pemrograman berorientasi objek.

Kelas dapat diilustrasikan sebagaiu suatu cetak bir (blueprint) atau prototipe yang di gunakan untuk mencipatakan objek.

Definisi kelas terdidri dari dua komponen yaitu deklarasi kelas dan body kelas. Deklarasi kelas adalah baris pertama di suatu kelas, dan minimal mendeklarasikan nama kelas.

Sementara itu body di deklarasikan tetelah nama kelas dan berada di antara kurung kurawal. Method dalam sebuah kelas dapat merubah atribute yang di miliki oleh kelas tersebut.

Dalam arti lain juga bisa di artikan sebagai sebuah  konsep OOP  yang digunakan untuk  mencapsulasi /membungkus data dan abstraksi prosedural yang diperlukan dalam menggambarkan isi dan tingkah laku berbagai entitas.

Jadi bisa kita analogikan Class itu seperti sebuah Rumah yang dimana di dalam rumah tersebut terdapat manusia,lemari, tv kulkas, kasur dan lain sebagainya.

dan manusia dan benda-benda tersebut di bungkus di dalam suatu rumah. begitupula dengan class yang membungkus objek,atribut, dan methode.

Apa itu Objek..?


Objek Merupakan perwujudan dari class, setiap object akan mempunyai attribute dan method yang di miliki olek class-nya.

Objek adalah entitas dasar saat runtime. pada saat kode program di ekdekusi, objeck berintraksi satu sama lain tanpa harus mengtahui detil data atau kodenya  meskipun berasal dari class yang berbeda.

Interaksi antar objeck ini di lakukan menggunakan satu message. Object memilki suatu siklus hidup,yaitu di ciptaakan,dimanipulasi,dan di hancurkan.

Jadi Objek dapat digambarkan sebagai benda, orang, tempat, dan sebagainya yang ada didunia nyata yang penting bagi suatu aplikasi objek mempunyai attribut dan method.

Seperti analogi di atas dimana Class sebagi rumah ,di daam rumah terdapat manusia dan benda-benda sebagai objek.

Apa itu Attribut ..?


Attribute adalah menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana attribut tersebut berada.

Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class. Melanjutkan analogi tentang rumah,Class sebagi rumah ,di dalam rumah terdapat manusia dan benda-benda sebagai objek. 

kemudian manusia adalah objek yang memiliki atribut atau property yang bisa berupa nama, warna kulit, umur, tinggi, dan lain-lain.

property ini sebenarnya hanyalah variabel yang terletak di dalam class. Seluruh aturan dan tipe data yang biasa diinput kedalam variabel, bisa juga diinput kedalam property.

Aturan tata cara penamaan property sama dengan aturan penamaan variabel.


Apa itu Methode..?


Method adalah tindakan atau aksi yang bisa dilakukan didalam class. Jika menggunakan analogi rumah, maka contoh method adalah: mengunci rumah,megecat rumah,membersihkan rumah, dan berbagai tindakan atau aksi lain yangbisa di laukan.

Method adalah prosedur atau fungsi yang bergabung dalam objek bersama dengan attribut. Method ini digunakan untuk pengaksesan terhadap data yang terdapat dalam objek tersebut.

Method pada dasarnya adalah function yang berada di dalam class. Seluruh fungsi dan sifat function bisa diterapkan kedalam method, seperti argumen/parameter, mengembalikan nilai (dengan keyword return), dan lain-lain.

Class Dan Object pada bahasa pemrograman java dengan konsep oop atau pemrograman berorientasi objek


Jadi kesimpulannya dapat kita lihat pada gambar di atas yang dimana : kotak berwarna biru merupakan contoh class dan kotak warna ungu mrupaka attribute atau properti dan sedanakan kotak berwarna kuning merupakan methode.

Semoga bermanfaat..Jaka ada hal yang krang jelas atau ada hal yang ingin di tanyakan bisa meninggalkan komentar . Jangan lupa komnetarnya karna komentar anda sangat berarti bagi kami dan blogg ini agar bangsa indonseia lebih maju dan jaya..wassalam.(>_<);