Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#1. Seri Terlengkap Belajar pemrograman C++ dasar bagi pemula

Belajar pemrograman C++ dasar bagi pemula
Belajar pemrograman C++ dasar bagi pemula

Selamat datang di Seri "Belajar Bahasa Pemrograman C++ dari dasar untuk pemula".
 utorial Belajar Bahasa Pemrograman c++, Bagi Pemula, Seri ini akan membahas seputar bahasa pemrograman c++ seperti : bagaimana cara belajar bahasa pemrograman C++ dengan sangat mudah gampang untuk di pahami dan cepat paham bagi teman-teman yang masih sangat awam di dunia pemrograman.

Dan bagi anda yang masih ragu-ragu untuk menentukan pilihan bahasa apa yang harus digunakan untuk memulai belajar dan bagiamana langkah-langkah yang harus di lakukan untuk mulai belajar bahasa pemrograman.

Disini saya akan sedikit basabasi tekait bagaimana cara mudah,cepat menguasai bahasa pemrograman khususnya bahasa pemrograman C++.

Terkadang seorang pemula, bingung untuk menentukan sikap bahasa apa yang harus saya pelajari terebih dahulu. Dan apa saja yang harus saya kuaisai atau pelajari untuk  bisa belajar bahasa pemrograman.

Tak hanya itu dilema yang di rasakan oleh kita yang masih sangat awam dan pemula tentang pemrograman. inilah dilema yang saya alami ketika ingin beajar  hasasa pemrograman. 

Menurut pengalaman saya ada beberapa pertanyaan yang timbul di pikiran saya ketika pertama kali ingin belajar bahasa pemrograman di antranya :

Bingung Harus Mulai darimana..?

Bingungan harus mulai darimana..? Tak jarang dari kita yang bingung dan ragu untuk mengambil langkah karna terlalu banyak pertimbangan.

Jika anda bingung untuk memulai belajar bahasa pemrograman. Maka mulailah dari menentukan Bahasa pemrograman apa yang anda inginkan. Dan sekiranya mudah anda pahami.

Bahasa apa yang harus saya pelajari sebagai seorang pemula..?

Dan disini saya merekomendasikan bahasa yang pass bagi anda yang ingin belajar di dunia pemrograman yaitu  bahasa pemrograman C++.

Mengapa harus c++..?

Tidak juga, anda bisa menggunakan bahasa yang lain seperti pascal, Visual basic, pyton dan bahasa lainnya, yang tiap tahunnya selalu ada bahasa-bahasa pemrograman baru yang bermunculan.

lalu kenapa harus c++..? karna bahasa pemrograman c++ sangat bagus, dan sangat mudah di pahami bagi seorang pemula. 

Dengan struktur bahasanya yang simpel, dan logikanya yang mudah di menengerti, terlebih dengan penggunanya yang sangat banyak di dunia sehingga sumber untuk belajar sangatlah banyak. bisa melalu forum diskusi ,googling dan lain sebagainya.

Bahasa C++ ketinggalan zaman..!!

Cukup banyak orang yang berpendapat bahwa bahasa c++ ketinggalan zaman, sudah tidak relevan, tidak laku lagi di pasaran, banyak programer c++ nganggur.

Menurut saya pendapat ini merupakan pendapat yang keliru, mengapa..? karna bahasa c++ merupakan bahasa pemrograman dasar dari bahasa pemrograman lain.

Jadi ketika anda sudah bisa menguasai bahasa c++, maka ketika anda ingin belajar bahasa pemrograman lain, akan menjadi sangat mudah. Seperti halnya anda ingin belajar bahasa java, jika anda sudah paham bahasa c++ , paham logikanya, konsepnya, maka nantinya anda hanya cukup menyesuiakan dengan bahasa java.

Beda halnnya jiak anda lansung belajar menggukan bahasa java, saya jamin anda akan kesulitan dan kebingungan, karna anda harus paham dulu dasarnya.

Dan perlu anda ketahui bahwa bahasa c++, digunakan untuk mengembangkan softwere-softwere besar di dunia, Seperti photoshop, coreldrow, dan lain sebagainya.

Bahkan prusahaan terbesar di dunia Microsoft dalam mengembangkan aplikasinya juga menggunakan bahasa pemrograman c++. Dan cukup banyak prusahaan indonesia yang masih membutuhkan seorang perogramer c++.

Jadi anda jangan khwatir ketika banyak orang yang berpendapat bahawa bahasa c++ sudah jadul ketinggalan zaman, sudah tudak di gunakan lagi.

Akan tetapi denga pemahaman tentang bahasa c++ bisa menjadi modal awal anda untuk bisa menjadi seorang programer handal. dan bisa menguasai semu bahasa-banhasa pemrograman lainnya.

Matangkan Pilihan..!!

Terakhir, maka matangkan pilihan anda, tentukan bahasa apa yang akananda pelajari untuk memulai belajar bahasa pemrograman.

Kemudian luruskan niat semata-mata untuk menjadi diri yang belih baik, menambah ilmu pengetahuan dan mencari ridho Allah SWT, karna tanpa bantunanNya ridhoNya kita tidak akan bisa memahaminya.

Dan berdoalah agar semua urusan dalam belajar bisa di permudah. dan yang terpenting adalah kemauan dan tekat yang kaut.

Sebagaiman kata-kata motivasi dari CO sekolahkoding.com yang mengatakan “ Jika mau Caril jalan, Jika tak mau carik alasan”.

Jadi ketika ada kemauan pasti ada jalan.

Persiapan..

Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Bahasa pemrograman c++ pertama kali di perkenalkan oleh sorang ilmuan bernama, Bjarne Stoustrup pada tahun 1970-an, bahasa pemrograman c++ merupakan turunan dari bahasa C, jadi jangan heran jika di kedua bahasa tersebut terdapat banyak kemiripan, trutama pada sintaks atau penulisan kode program. 

Dengan kemiripan nama dan sintaks program, namun kedua bahasa pemrograman tersebut memiliki konsep yang berbeda, yang dimana bahasa C masih menggunakan konsep pemrograman prosedural atau terstruktur sedangkan bahasa c++ menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek.

Bahasa C menggunkan dua konsep pemrograman yaitu data dan algoritma yang dimana data merupakan bahan atau suatu yang akan di olah, kemudian algoritama merupan cara atau metode untuk mengolah data.


Pada dasarnya bahasa pemprograman C++ sama dengan bahasa C, namun yang membedeakan antara kedua bahasa tersebut adalah oop (Object Oriented Programing) yaitu konsep pemrograman berorientasi objek. 

Untuk lebih jelasnya mengenai oop akan kita bahas di seri selanjutnta.

Jadi Bahasa pemrograman C tidak menerapkan konsep berorientasi objek sedangkan bahasa C++ menerapkan konsep objeck oriented programing, dan inilah salah satu keistimewaan dari bahasa pemrograman c++.

Namun bukan berarti bahasa pemrograman C itu tidak bagus, jadul, tidak komplex, karena tidak menerapkan konsep oop.


Bahkan bahasa C sangat banyak digunakan ketika seorang proggramer membuat sebuah aplikasi dalam skla kecil yang tidak membutuhkan oop di dalamnya. Karna lebih cepat dan cukup mudah.

Jadi bahasa C sangatlah sederhana, namun dengan kesederhanaannya menjadi kurang efektif dan efesien.

Ketika membuat sebuah program yang sederhana maka bahasa c lebih efektif, namun ketika mengembangkan sebuah projek dengan sekala besar maka sangatlah merepotakan dan akan memakan waktu yang cukup lama, karena akan banyak perulanagn dan percabangan yang di ketikkan.

Dari dasar itulah bahasa c++ hadir dengan konsep yang berbeda, dan mengembangkan sintak-sintak yang ada di bahasa pemrograman c, jadi tidak heran jika ada kemiripan dari kedua bahasa tersebut.

Manfaat Dan Fungsi Bahasa Pemprograman C++

Mungkin anda masih bingung menentukan bahasa apa yang akan anda pelajari saat ini , karna sudah  cukup banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia ini.

Sehingga anda bingung mau mempelajari bahasa pemprograman apa yang akan anda tekuni.
Jadi bahasa apa yang harus anda tekuni terlebih dahulu..?

Maka bahasa pemrograman yang anda harus pahami terlebih dahulu adalah bahasa C atau C++, Mengapa..?

Karna bahasa C atau C++ merupakan bahasa dasar, dan dalam bahasa c atau C++, anda akan mempelajari alur dari sebuah bahasa pemerograman atau algoritma pemprograman. Konsep algoritma ini lah yang akan anda terapkan nantinya.

Kemudian anda akan belajar mengenai tipe data dan variabel, semua bahasa pemrograman pasti memiliki tipe data dan variabel.

Jika anda sudah paham mengenai dasar-dasar pemrograman maka naninya ketika anda ingin mempelajari bahasa pemprograman yang lain, maka anda akan mudah menyesuaikannya.

Banyak orang yang beranggapan bawah bahasa C dan C++ jadul, tidak laku di pasaran, peminatnya sedikit dan lain sebagiainya...?

Ett siapa biang bahsa c dan c++ tidak laku di pasaran..? Perlu anda ketahui bahwa bahasa c dan c++ masih di gunakan sampai saat ini. contoh:

Pembuatan robot..

Untuk menngerakkan lengan robot dibutuhkan sebuah program atau perintah, dan perintah itu menggunkan bahsa c /c++.

Pemrograman Arduino

Mungkin terdengar asing di telinga anda apa itu arduino..? Arduino merupakan sebuah board microcontroller, mungkin anda pernah dengar cara mematikan lampu melalui android.

Untuk melakuakan itu dibutuhkan sebuah microcontroller “arduino” yang di programkan dengan bahasa C / C++.

Dan masih banyak contoh lainnya, pengaplikasian dari bahasa pemrograman c++. Jadi jika anda serius ingin belajar bahasa c++ maka ikutilah seri ini sampai ahir.



Memilih Compiler C++ Yang Terbaik

Apa sih komiler..?

Mungkin anda yang masih baru mengenal pemrograman, tidak tahu , apa itu compiler dan sejenisnya.

Compailer adalah sebuah program komputer yang berguna untuk menerjemahkan program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu menjadi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

Terlepas dari pengertiannya yang demikian relatif luas, istilah kompilator biasa digunakan untuk program komputer yang menerjemahkan program yang ditulis dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. 

Seperti bahasa Pascal, C++, BASIC, FORTRAN, Visual Basic, Visual C#, Java, xBase, atau COBOL) menjadi bahasa mesin, biasanya dengan bahasa Assembly sebagai perantara.

Jadi compailer adalah sebuah text editor atau aplikasi, yang dimana seorang programer dapat menuliskan kode programnnya, kemudian akan di terjemahkan ke bahasa mesin.

Cukup banyak compiler yang dapat anda gunakan untuk menjalan kan kode program bahasa c++, namun ada beberapa aplikasi yang cukup populer yang bisa anda coba yaitu borlanC++ dan aplikasi DevC++.

Saya pribadi menggunakan kedua copiler di atas, karna cukup ringan dan mudah untuk di gunakan terlebih bagi seorang pemula.

Jadi lansung saja anda download kompiler yang anda sukai, kemudian instal di komputer anada kemudian coba jalankan.


Ada banyak kompiler yang bisa anda gunakan, seperti compiler yang terinstal di komputer ataupun compiler online. untuk yang online anda bisa kunjungi situs ini :


Kemudian Compiler yang terinstal di komputer yang bisa anda download di situs tesminya atau di sini.

Struktur Dasar Bahasa C++

Memahami dan mengerti struktur dasar dari Bahasa c++ sangatlah penting, bukan hanya bahasa c++ akan tetapi smua bahasa pemrograman, anda harus paham dari strutur bahasanya.

Dibawah ini saya berikan dua contoh struktur dari bahasa c++ yang nantinya akan saya jelasan di bagian bawah program,



#include <iostream>

int main()
{
    std::cout << "hello word";

    return 0;   
}

Dan



#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
    cout << "hello word";

    return 0;   
}


Jadi dari kedua sintaks program di atas merupakan struktur dari bahasa c++, kedua program di atas nampak berbeda akan tetapi menampilkan kata yang sama jika di jalankan yaitu “hello word”.

Ada beberapa struktur dasar yang harus anda pahami terlebih dahulu dari bahsa C++ antaralain sebagai berikut:

header / library

Header adalah sebuah statatement untuk memanggil  library atau sebuah fungi yang ada di dalam bahasa c++ itu sendri. contoh ketika kita ingin menampilkan kata hello word, maka dalam bahaca c++ di gunkan kata kunci Coutuntuk menampilakn kararkte ke kompiler,

Perintah “cout” ini akan berfungsi atau bisa di gunakan ketika kita telah mendeklarasikan atau sudah memamnggil librarynya yaitu “#include<iostream>”. jika tidak maka program akan error.

Contoh header yang sering di gunakan dalam bahasa c++ antara lain sebagai berikut :

#include <iostream>, yang di gunakan untuk menampilkan perintah “cout”,”cin”,”getch”,”endl” dan lain-lain.


#include <iosteram.h>
#include <conio.h>
 Main () {
 Int z; //mendefinisikan var z sebagai integer
 Cout<<”masukkan sebuah nilai : “<<endl; //tulisan yang akan ditampilkan
 Cin>>z; //memasukkan sebuah nilai yang akan disimpan dalam var z
 Clrscr; //membersihkan perintah sebelumnya pada layar
 Cout<<”nilai yang anda masukkan adalah : “<<z; //meampilkan isi var z
getch (); } //digunakan untuk menahan tampilan


Contoh penggunaan header Stdio.h


#include <stdio.h>
#include <conio.h>
 main(){
 int a,t,luas; //deklarasi variable dengan tipe data integer
 printf("Masukkan alas : "); //menampilkan tulisan
 scanf("%i",&a); //menyimpan nilai
 printf("Masukkan tinggi : ");
 scanf("%i",&t);
 luas=0.5*(a*t); //rumus aritmatika
 printf("Luas segitiga tersebut adalah : %i",luas);
getch();
}

#Include <Stdio.h> yang di gunakan untuk menampilkan Printf”,”Scanf”,”Gets dan lain sebaginaya

Lebih jelasnya tentang heder atau library akan kita buatkan seri tersendi nantinya.
Jika diamati dari contoh program di atas dapat di lihat bahwa tanda “#” yang di kenal dengan nama Preprocessor directive.

Apsih Preprocessor directive..? Preprocessor directive adalah sebuah perintah yang digunakan untuk membritahukan kepada compiler bahawa akan menggunkan library, atau memasukan library.

Kemudian “#include” merupakan kata kunci untuk menggunkan library, dan Iostream merupakan library yang di butuhkan untuk melakukan kegiatan input dan output.

Fungsi Main main()

Bahasa c++ memilik banyak fungsi diantaranya, funsi yang sudah ada atau defaultnya atau fungsi yang memang sudah ada atau baawan dari bahasa itu sendiri, Dan fungsi yang bisa kita buatkan sendiri.

Akan tetapi dari fungsi-funsi tersebut terdapat fungsi utama atau yang sering di sebut dengan fungsi main().

Jadi semua fungsi dan perintah harus berada dalam fungsi main(), jika di luar fungsi main() maka program atau perintah tidak akan di eksekusi bahkan akan terjadi error.
contoh:


include <iostream>
using namespace std;
const double pi = 3.14159;
const char newline = 'n';
int main ()

{

 double circle;
 double r = 5.0; //radius
 circle = 2 * pi * r;
 cout << circle;
 cout << newline;

}

Dari contoh di atas dapat di amati bahwa int main(), merupakan funsi utama,sedangkan int merupakan kata kunci untuk mendeklarasikan bahwa pada fungsi main bertipe integer atau di dalam fungsi main terdapat perhitungan.

Varibel Dan Tipe Data

Variabel merupakan konsep yang mempunyai nilai yang bermacam-macam. Suatu konsep dapat diubah menjadi suatu variabel dengan cara memusatkan pada aspek tertentu dari variabel itu sendiri.

Jadi variabel itu dapat menampung sebuah nilai,atau dapat mewakili sebuah nilai tertentu, misalkan “x=23” maka x memiliki nilai 23.

Begitupun halnya pada pemrograman variabel digunakan untuk menyimpan sebuah data, dan data memiliki bermacam-macam type tersendiri seperti bilangan bulat yaitu “1,2 ,dan t3“ atau pecahan yang memilik koma di akhhirnya misal “1.45 , 3.6 , 7.8”.

Adapun cara untuk mendeklarasiakan variabel atau memberikan nilai pada variabel di bahas c++ antara lain yaitu
Type_data + nama variabel = niali dari bariabel


int x =20;

float= 30;

Penjelasn lebih jelas terkait variabel dan tipe data akan kami jelskan di seri selnjunya.

komentar

Komentar merupakan sebuah catatan atau note atau penjelasan yang di tuliskan oleh seorang programer untuk memberikan sebuah keterangan atau penjelasn di dalam sintaks programnya.
Sehingga tuliasan atau catatan pada sintak program tidaka akan di jalankan atau di eksekusi.
Dalam menulis komnetar terdapat dua cara, yaitu :
  • komentar satu baris, untuk memberikan catatan hanya satu baris saj bisa menggunkan tanata garis miring dua kali ”//komenter”.
  • Kometar lebih dari satu garis, komentar ini diguanakn ketika kitaingin menulisakan catatab lebih dari satu garis atau komentarnya cukup banyak, maka menggunakan tanda “/* komntar */.

//ini kode satu baris

/* ini komentar

   beberapa baris */

Kurang lebih, Cukup sekian dari artikel ini, artikel ini cukup panjang karna artikel ini merupakan seri awal atau pertama dari seri “ Belajar pemrograman C++ dasar bagi pemula “ dan dalam artikel ini kita membahas tentang dasar-dasar utama bagi seorang yang masih sangat pemula di  pemrograman c++.


Lalu Kemana Selanjutnya......?????


Setelah selesai dari seri ini, maka lanjutkan ke seri berikutnya yaitu “Mengenal Vriabel dan Tipe data dalam bahasa C++”.

Seri Selanutnya => Struktur Dasar Bahasa C++