Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Paling Ampuh 100% Mmperbaiki Kamera Android gagal (Error /Failed)

Cara Mengatasi Kamera gagal pada smart phone Android atau muncel pesan kamera Gagal(Camera Failed), kamera not responding pada smart phone android.
Camera Gagal
Cara mengatasi kamera gagal pada hp Android(Camera Failed), kamera not responding pada smart phone android, ditandai dengan keluarnya pesan "kamera gagal"

Kebetulan masalah ini pernah saya alami sendiri ketika saya menngunakan smartphone Samsung galaxy grand prime.

Jadi pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang cara mengatasi atau memperbagi kamera smartphone android yang error. Masalah kamera gagal ini sering terjadi pada smartphone samsung.

Sebelum kita membahas cara memperbaikinya sebaiknya kita identifikasi dulu masalahnya apa penyebabnya sehingga kamera pada smartphone teman-teman error. dari pengalaman saya sendiri ada beberapa penyebabnya antara lain yaitu:
  1. Terlalu banyak sampah atau cache kamera
  2. Terlalu banayak foto
  3. Terlalu lama menyalakn atau mengunkan kamera, seperti menyoting video 
  4. Terlalu sering di gunkan, tanpa istirahat, ya walaun mesin, mesin juga butuh istirahat ya teman-teman.
  5. penyimpanan yang bermasalah
  6. Memori penyimpanan penuh
  7. Kamera rusak ,pecah ataupun pernah terjatuh
  8. Kamera terkena air
  9. Aplikasi kamera yang error.
Jika teman-teman pernah mengalami hal di atas. Maka Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan untuk memperbaikinya tanpa harus terburu-buru membawanya ke tukang service ke konter.

Caranya pun cukup mudah yang bisa teman-teman lakukan sendiri dengan mengikuti panduan dari artikel ini.

1. Perikasa Ruang penyimpanan


Periksa ruang penyimpanan pada smartphone teman-teman mungkin saja ruang penyimpanan teman-teman penuh ataupun penyimpanan foto berada di penyimpanan perangkat bukan di kartu memori. Adapun caranya dengan membuka aplikasi File Manager

Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke dua berikut ini.

2. Hapus cache kamera


Apasih cache ..? Sesuai definisi tersebut cache memori adalah tempat menyimpan data sementara. Cara ini dimaksudkan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang pernah diakses pada cache tersebut.

Sehingga apabila ada data yang ingin diakses adalah data yang sama maka maka akses akan dapat dilakukan lebih cepat. Namun semua memiliki efeksamping karna akan banyak file file yang tersisa sehinnga membebani perangakat dalam bekerja atau merespon.


Lalu bangaimana cara menghapusnya..?
caranya yaitu :

  1. Masuk ke menu "setting / pengaturan > Aplikasi > Manager aplikasi> kamera"
  2. seteah itu kelik icon kamera kemudian
  3. Klik Tap "Paksa henti "
  4. Kemudin Pada Tap penyimpanan  pilih "hapus data" lalu kembali 
  5. Kemudian coba jalankan kamera 
Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke tiga berikut ini.

Baca Juga :

3. Restar handphone


Slah satu cara yang bisa anda coba yaitu melakukan restar reboot. Restar yang di maksud yaitu matikan smartphone kemudian nyalakan kembali lalu buka aplikasi kamera anda.

Apabila masih belum bisa mengatasi kamera failed, anda bisa mencoba cara berikutnya di bawah ini

4. Lepas Batrai smart phone


Melepas batre dari perngkat android merupakan salah satu cara yang sangat efektif karna dengan cara ini akan menghilangkan daya pada smartphone.

Sehingga semua komponen atau perangkat pada hp akan merestar, begitupun halnya dengan komponen kamera di pernagkat android.

Dengan cara membuka batrai pada hp, kamera smartphone yang saya miliki kembali berfungsi seperti semula.

Sehingga anda bisa mencobanya sendiri adapun caranya itu:
  1. Matikan smartphone terlebih dahulu
  2. buka cassing smartphone kemudian lepaskan batrainya
  3. lalu tunggu sebentar sekitar satu atau dua menit lalu nyalakn kembali smartphone teman-teman
Namun sekarang bayak smartphone yang menngunkan batrai tanam, yang artinya batrei pada hp terhubung lansung dengan mesin, lau bangaina caranya. caranya sama seperti di atas.

Yaitu dengan membuka cassing hp anda. Memang dengan kasap mata seolah-olah cessing smartphone menjadi satu tidak ada celah untuk membukanya. akan tetapi cassing tersebut bisa di buka.

  • Dengan cara perhatikan pada pinggir Lcd smartphone teman-teman terdapat sebuah garisan nah di sanalah letak pemisah antara kesing dengan Lcd. 

  • Namun utuk membukanya dibutuhkan ketelitian dan ke hati-hatian agar tidak tejadi hal yang tidak kita inginkan. 


  • Dalam membukanya jangan lansung di angkat, periksa terlebih dahulu kabel penghubung natara lcd dengan mesin, kemudian lepaskan.


  • Kemudian buka sotket penghubung batre dengan dengan mesin tunggu hingga beberapa menit kemudian pasang kembali dan nyalakan hp android anda kembali.
Apabila  Cara ini masih belum juga bergasil, Maka anda bisa mencoba cara berikutnya.

5. Coba aplikasi kamera lain


Cara berikutnya yang bisa anda coba kembali yaitu dengan mengganti apikasi kamera anda dengan aplikais kemera lain.

Karna kemungkinan terjadi corrup pada aplikasi kamera bawaan hp. untuk mencari aplikasi camera anda bisa mencarinya di playstore.

Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke enam berikut nya.

6. Bersihkan cache sistem oprasi 


Membersihkan cache sistem operasi merupakan salah satu solusi juga untuk memperbaiki kamera yang gagal. membersihkan cache memori berarti membersihkan seluluh cache memori secara keseluruhan .

cara ini bisa juga di gunkan untuk mengurangi beban smartphone yang artinya jika smartphone terasa berat atau lemot ketika membuka aplikasi maka teman-teman juga bisa mencoba cara ini

Cara untuk melakukan hal ini caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Matikan smartphone kalian hingga posisi off total.
  2. Masuk ke menu CWM dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Atas".
  3. Pilih menu "Clear cache partition". 
  4. Untuk memilih menu ini, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memindahkan pilihan dan gunakan tombol power untuk memilih menu yang diinginkan.
  5. Setelah selesai, pilih "Reboot sistem now".
  6. Tunggu hingga proses restart sistem kalian hingga masuk ke tampilan home. Selanjutnya coba kalian gunakan kamera kalian.
Ada beberapa hal yang perlu di perhatiakan sebelum melakukan cara ini yaitu : pastikan batre smartphone teman teman cukup atau penuh jangan sampai dalam peroses penghapusan hp mati karna bisa saja menimbulkan smartphone botlop.

Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke tujuh berikut berikutnya.


7. Perbarui sistem Oprasi Android / update sistem oprasi 


Cara ini merupakan cara yang bisa teman-teman coba jika cara-cara di atas juga belumbisa mengatasi maslah tersebut yaitu dengan memperbarui sistem oprasi di android nada. Karna bisa saja aplikasi kamera sobat tidak cocok dengan fersi android teman-teman. tidak ada salahnya mencoba cara yang satu ini karna tidak akan menghapus data teman-taman.
  1. Buka Menu "Settings/Pengaturan"
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka "About Device/Tentang Perangkat".
  3. Selanjutnya, pilih menu "Unduh pembaruan secara manual".
  4. Secara otomatis, perangkat kalian akan mengecek pembaruan yang tersedia. Tunggu beberapa saat.
  5. Lanjutkan dengan mentap "Unduh dan Pasang". Sekali lagi tunggu hingga selesai.
  6. Setelah proses pembaruan sistem selesai, selanjutnya jalankan kamera kalian.
Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke delapan berikut ini.

Baca Juga :


8. Flass / Reset data pabrik


Cara ini merupakan cara yang cukup ekstrim di lakukan karna pada cara yang ke delapan ini kita akan mengembalikan data ke seperti semula seperti baru di beli.

Jadi semua data yang ada di memori internal akan terhapus. sehinnga sebelum melakukknanya sebaiknya teman-teman melakukan bacup data yang di angap penting yang berada di penyimpanan perangkat atau penyimpanan internal.Adapun carnya yaitu :
  1. Masuk ke menu pengaturan atau setting
  2. kemudian pilih paling bawah 
  3. kemudian pilih "kembalikan ke data pabrik" atau Factory data reset
  4. lalu ok.
Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara ke sembilan berikut ini.

9. Ganti Kamera.


Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, langkah terakhir yang bisa kalian tempuh adalah membawa smartphone ke Service Center  atau konter,Tukang Servis yang kalian percaya yang ada di daerah kalian  

Dalam memilih tempat servise juga harus telili dan terjamin kulitas dan keamanannya karna bisa saja beberapa komponen smartphone teman-teman di ganti atau di tukar bukan berburuk snagkan akan tetapi mengingatkan. 

Sebaiknya teman-teman cek dulu semua komponen smartphone teman-teman sebelum membawanya. Agar ketika di temukan hal yang tidak kita inginkan teman-teman bisa kompin atau menghubungi tukanng sefice tersebut.

10. Lem Biru


Dan apabila Kamera Masih juga Gagal, solusi yang paling terakhir adalah simpan smartphone kalian, terus datang ke toko dan katakan pada mereka, bang / mbak / kakak / adik / bapak / ibu "Saya mau beli smartphone baru.jadinya lepar beli baru.." Hehehe, sorry becanda teman-teman. Tapi saya rasa ada benarnya juga! :D
Semoga artikel ini bisa mengatasi permaslahan teman-teman sehingga teman-teman sekalian tidak melakukan cara yang ke 10 di atas.

Jiaka ada hal yang krang jelas atau ada hal yang ingin di tanyakan bisa meninggalkan komentar nomer berapa dari beberapa cara di atas  yang bisa mengatasi masalah teman-teman sehingga orang lain pun bisa mengukitinya. Jangan lupa komnetarnya karna komentar anda sangat berarti bagi kami dan blogg ini agar bangsa indonseia lebih maju dan jaya..wassalam.(>_<);