Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

"Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen" windows 8,8.1 tidak bisa masuk star menu atau layar hitam setelah booting, layar hitam namun ada kursor dan windows 8.1 layar hitam setelah login.

cukup banyak maslah yang sering di temui di Os window yaitu layar hitam pada laptop, layar biru atau blue screen pada windows.

Window 8,1 merupakan sistem oprasi generasi windows yang diliris pada bulan juni 2013 bisa dibillang windows 8,8.1 merupakn generasi windows yang ke 3 stelah windows xp dan windows 7.
Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

Bayank beredar isu bahwa windows 8 merupakan sistem oprasi percobaan, dengan pengembangan windows 7,yaa bisa dibilang tampilan ataupun fitur windows 8 tidak jauh beda dengan windows 7 bahkan hampir sama.

Akan tetapi kebanyakan pengguna windows  lebih nyaman menggunakan windows 7 dari pada windows 8. Karna windows7 lebih kompetible dengan aplikasi- aplikasi windows, sedangkan pada windows 8 ada beberapa softwere yang tidak bisa berjalan pada windows 8.

windows 8 hadir dengan tampilan star yang tampil beda dengan windows 7, bisa dikatan bahwa windows 8 memiliki tampilan yang lebih cantik dari pada windows 7.

Menurut pengalaman admin windows 8 unggul pada segi tampilan , sedangkan windows 7 unggul pada segi kecepatan ringan untuk menjalankan aplikasi – aplikasi yang cukup banyak mengkonsumsi ram. 25 Tema Windows Terbaik

Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tak luput pula sistem oprasi windows 8, 8.1, teramat banyak para pengguna windows 8,81 mengeluh karana terdapat banyak masalah dalam OS ini. diantara nya yaitu laptop ngebleng , balck crean, blue csren , dan masih banyak lagi kasus lainya yang sering di alami oleh pengguna windows8,8.1.

Sesuai tema kita tentang cara mengatasi windows 8,8.1 yang black scren atau layar hitam :

Sesuai dengan pengalaman mimin,ketika menghidupkan komputer atau anda baru saja merestar komputer maka akan tampil pada layar LCD warna hitam polos, atau berwarna  biru namun komputer dalam keadaan hidup,

dan ketika kita menekan tombol star maka tampilan star tidak  meuncul dan hanya terlihat berwarna hitam ataupun biru.

jaka hal ini terjadi maka masalah anda akan teratasi dengan syarat baca artikel ini sampai selesai.Cara Up Grade Samsung Galaxy Grend Frime ke LiLipop

Penyebab windows 8,8.1 black scren antaralain anda baru saja menginstal softwere yang tidak sesuai dengan  dengan Driver graphic card komputer anda.

salah satu penyebab komputer black scren atau layar hitam yaitu ketika anda baru saja memperbaru aplikasi anti virus semadav yang menyebabkan Windows Scrip pada komputer/laptop anda ditak aktif.

"Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen"


Ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatisi permasalahan ” Windows 8 dan 8.1 yang mengalami Black Screen” pada windows 8,8.1 sebagai berikut :

Cara 1 #Windows Scrip Host Access Is Disabled On this machine

Ketika anda baru menyalakan atau setelah restar komputer/ laptop akan tampil pesan “Windows Scrip Host Access Is Disabled On this machine” Lalu tampilan blank pada layar atau layar pada windows berwarna hitam hanya dengan tampilan kursor.Cara Menghilangkan Iklan Di Layar Android

masalah ini akan terjadi ketika Windows Scrip Host Access Is Disabled” atau di non aktifkan jadi anda harus mengaktifkannya. Lalu bagaimana cara mengaktifkannya simak caranya sebagai berikut.

Cara pertama yang harus kita lakukan adalah yitu dengan cara masuk ke jendela Registry editor  untuk meng aktifkannya dengan cara sebagai berikut:

#1. Hidupkan laptop atau komputer anda seperti biasa dengan menekan tombol POWER

#2. Biarkan laptop/komputer aktif sampai Black Screen/layar hitam/biru muncul , kemudian tekan CTRL+ALT+DELETE pada keyboard secara bersamaan untuk masuk ke jendela taks mamger > Lalu pilih TASK MANAGER seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen
3. Selanjutnya klik More Detail > Klik menu FILE > Run New Task ,maka akan tampil jendela           RUN

4. Maka Ketikkan "Regedit" tanpa tanda kutip di kolo RUN

5. maka akan tampil jendela Registry Editor

6. Selanjutnya, akan tampak sekitar 4 polder  lalau pilih "HKEY_CURRENT_USER"

7. Kemudian "SOFTWERE" > " MICROSOFT" > "WINDOWS SCRIP HOST" maka akan            tampil jendela seperti gambar di bawah ini.


8. Selanjutnya lihat bagian jendela sebelah kanan akan tampak 2 buah fale lalau pilh  "Enabled REG_DWORD  0x0000001 (0)"  jika terlihat anka "0" di dalam kurung maka rubah menjdi angaka "1" untuk menaktifkannya.

9. Selah itu Simapan dan restar laptop/komputer anda. maka akan kembali seperti biasa.

10. Namun jika di dalam kurung tersebut terdapat angka "1" "0x0000001 (1)" maka windows Scrip host  anda dalam keadaan aktif. maka maslahnya bukan terleta pada "Windows Scrip Host Access Is Disabled On this machine" untuk itu anda bisa mencoba cara yang ke dua ini.

Cara 2 #Uninstal softwere yang baru anda instal

Seperti yang telah di bahas di atas windows 8,8.1 blck scren karna di sebabkan oleh anda baru saja menginstal softwere yang tidak sesuai dengan  dengan Driver graphic card komputer anda. Adapun cara meng Uninstal softwere tersebut yaitu sebagia berikut:
  • Hidupkan komputer/ lapto anda maa akan tampak layar hitam polos
  • Selanjutnya ketikkan CTRL + ALT + DEL pada kyboard secara bersamaan maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini.
  • Lansung sja pilih “Taks Manager”
  • Maka akan tampil jendela taks manger sperti pada gambat di bawah ini. maka lansung saja cari softwere yang baru saja anda instal atau softwere yang baru saja nada update. Jika sudah ketu maka lansung saja uninstal softwere tersebut.
  • Lalu restar komputer anda kembali.

Cara 3 #Mengembalikan driver adapter

Maslah ini seringterjadi ketika komputer/laptop anda terhubung koneksi internet maka secara otomatis driver adapter akan mengalami pembaharuan.

Nah disinilah letak permaslahannya ketika driver adter telah di perbaharui namun tidak sesui atau tidak kompetibel dengan pengakat komputer anda.
Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

Lankah yang perlu anda lakukan yaitu me nonaktifkan Update otomatis Windows anda dengan cara masuk ke kontrol panel.
  • System and scurity
  • Action center
  • Windows Update yang terletak pada pojok kiri bagian bawah
  • Cahange setting
  • Pilih never check for updates (Not resommended) lalo oke
Selanjutnya yaitu Cara mengembalikan driver adapter masuk ke safe mode dengan cara :
Pada tampilan layar komputer/laptop berwarna hitam maka tekan  SHIF + F8 di keyboard anda lalu tahan selama beberapa detik hingga mencul tampilan Choose an Option muncul.

Selanjutnya akan ada beberapa menu pilihan maka pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart.

Pada saat proses restar sedang berjalan maka segera tekan tombol keyboard F4 untuk masuk ke Save Mode.Penyebab Android Mati Tiba-tiba,Restar sendiri

Selanjutnya pada halaman Device Manager, pilih menu Display adapter lalu cari dan klik kanan driver komputer, dalam hal ini dicontohkan ialah Mobile Inter(R) 965, lalu Disable. (Jika driver adapter lebih dari satu, maka disable saja semuanya).

Ingat jika layar hitam pada windows di sebabkan karena anda baru saja menginstal sebuah update Windows 8/8.1 ,

maka anda tidak perlu men desible, cukup dengan melakukan role back dengan cara memilih menu Propertis, lalu pilih Tab Driver kemudian pilih menu Roll Back Driver.

Cara 4 #Matikan App Readiness

Cara ini dapat di lakukan ketika layara hitam muncul ketika komputer/laptop setelah di Restar, Buakna pertama kali di nyalakan.

Maka anda bisa mencoba cara ini untuk mengatasinya adapun caranya sebagai berikut.
  • Pada tampilan layar hitam, coba tunggu selama 5-10 menit, biasanya nanti anda muncul sendiri tampilan desktop atau start screen Windows 8.1 di komputer.
  • Setelah masuk ke tampilan desktop atau start screen, tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del lalu pilih Task Manager.
  • Pada tampilan Task Manager, silahkan pilih lagi tab Service dan dari situ silahkan hilangkan centang pada pilihan App Readiness.
  • Restart komputer anda, lalu lihat hasilnya.

Cara 5  #Instal Patch Windows

Beberapa bulan yang lalu microsoft pernah meliris pacth untuk mengatasi windows 8,8.1 yang balck sreen atau layar hitam.

Dengan demikian anda bisa mencoba patch tersebut ialah update KB2756872, Jadi coba anda instal patch tersebut. Namun saya kurang tahu apakah pack tersebut akan berfungsi di windows 8.1 namun tidak ada salanya mencoba.

Cara 6 # System Restore

Cara ini merupakan cara terakhir jika cara-cara di atas tidak juga bisa mengatasi masalah anda. cara ini kita akan melakukan restore atau perbaikan dengan cara sebagi berikut.

#1. Hidupkan laptop atau komputer anda seperti biasa dengan menekan tombol POWER

#2. Biarkan laptop/komputer aktif sampai Black Screen/layar hitam/biru muncul , kemudian tekan CTRL+ALT+DELETE pada keyboard secara bersamaan > Lalu pilih TASK MANAGER seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

#3. Selanjutnya klik More Detail > Klik menu FILE > Run New Task maka akan tampil jendela RUN

#4. Ketikkan CMD seperti ini di jendela RUN,
Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

#5. Setelah klik ok maka jendela cmd akan muncul, dan tuliskan “RSTRUI” lalu Enter ingat tanpa tanda kutip.
Cara Mengatasi windows 8,8.1 Black Screen

#6. Maka akan muncul jendela system restore

#7. Klik di scan for affected programs, maka akan muncul jendela tentang program/aplkasi yang telan sobat install di komputer. Lihat terakhir sobat mengintall program apa, kemudian close jendela detail.

#8. Lalu klik next hingga ada notifikasi restart. Tunggu sampai proses tersebut selesai karena prosesnya memerlkan waktu yang lama. Dan jika sudah selesai maka sobat bisa mengakses menu secara normal lagi.

Baca Juga : 
Download 25 Tema windows terbaik
Cara Mengembalikan data yang terformat di Flashdisk Dan Hardisk 
5 Cara memperbaiki Flashdisk Yang Tidak terbaca
Cara Mengatatasi "Program Not Responding" Di windows
Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Tidak terbaca