Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Kirim SMS

“3 Cara Mengatasi Hp Android Yang Tidak Bisa Kirim SMS”tidak bisa mengirim pesan,pesan gagal terkirim dan lain sebagainya merupakan permasalahan yang cukup merepotkan bagi kita.

Masalah ini sering kali terjadi terutama bagi para pengguna smardphone asus dan samsung dan tidak menutup kemungkian bahwa hp merek lain  pernah mengalami hal seperti ini  yaitu smardphone tiba tiba tidak bisa mengirim sms.

Cukup banyak artikel yang membahas tentang cara memperbaiki hp android yang tidak bisa mengirim sms, sim card tidak bisa kirim sms, kartu xl ,telkomsel tidak bisa kirim sms namun dalam artikel ini saya memberikan tips sesui dengan pengalaman saya sendiri.

Cara Mengatasi Hp Android Tidak Bisa Kirim SMS
Masalah ini pernah saya alami sendiri, dimana hp android sya tidak bisa mengirim sms padahal pulsa yang saya miliki cukup banayak,

jaringan setabil dan hp android masih terbilang baru jadi sangat tidak wajar jika hp android saya tiba tiba tidak bisa mengirim sms atau pesan.



saya mengunakan hp ASUS zenphone selfi dan ternaya setelah saya telusuri bahwa memang masalah ini sering terjadi bagi para pengguna smardphone asus zenfone 2 laser zenphone selfi dan tipe-tipe hp asus lainnya. Cara Menghilangkan Iklan Di Layar Android

Jadi “cara untuk mengatasi hp android yang tdak bisa mengirim sms atau pesan” ini merupakan pengalaman pribadi saya sendiri. oleh karna itu mungkin anda bisa mengikuti cara- cara yang saya gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Dan perlu anda ketahui bahwa anda harus benar benar teliti membaca artikel ini agar masalah hp android anda bisa mengirim sms kembali. Di bawah ini saya akan membagikan beberapa trik atau cara yang bisa anda lakukan tanpa harus membawanya ke tukang servis hp. yang di mulai dari cara yang sederhanya sampai cara yang cukup merepotkan : Penyebab Android Mati Tiba-tiba,Restar sendiri

1. Slot Sim cart  yang longgar

Slot Sim cart  yang longgar” merupakan salah satu dari beberapa penyebab hp yang tidak bisa mengirim sms bahakan bisa jadi hp tidak bisa menerima sinsyal dengan baik.
Adapun cara mengatasinya cukup mudah yaitu: anda bisa membuaka cesing hp anda lalu buka Sim Card dan batre hp anda kemudian pasang kembali  lalu hidupkan kembali.

Selanjutnya Menghapus history sms dan log di hp anda, Hal ini bisa saja menjadi penyebab hp tidak bisa mengirim sms karna terlalu banyaknya file sms yang masih tersimpan.

2. Jaringan tidak setabil atau terjadinya ganggun jaringan

Gangguan merupakan permasalahan biasa yang di sebabkan oleh gangguan dari pihak propaider penyedia layanan. gangguan pada jaringan bisanya terjadi ketika cuaca yang kurang bersahabat atau sedang hujan dan lain sebagainya. 

Dan jika hal ini terjadi anda bisa menghubungi oprator layanan atau propaider melalui layanan suara yang bisa anda lakukan dengan berbicara lansung dengan oprator, anda bisa memberitahukan permasalahan anda. Hal ini sering saya lakukan jika handphone saya tidak bisa mengirim sms menerima sms dan masalah-masalah lainnya. 

Karna hal ini cuklup membantu terlebih jika call centernya seorang cewek di sjamin lo bakan ketagihan untuk berbicara.Tapi ingat jangan sampai anda berniat untuk ngerjain call center, karna hukum karma itu ada.

3. Memperbaiki Nomer SMSC

Mungkin anda belum tahu apa itu SMSC..? SMSC adalah Sebuah Short Message Service Center ( SMSC ) adalah elemen jaringan di jaringan telepon seluler .

Tujuannya adalah untuk menyimpan, meneruskan, mengkonversikan dan mengirimkan pesan Short Message Service (SMS).

Dan jika hp android anda tidakbisa mengirim sms maka kemungkinan besar penyebabnya yaitu nomer SMSCenter oprator seluler untuk kartu yang anda gunakan tidak terkonfigurasi dengan baik atau berubah dan terhapus.

Jadi anda hanya cukup merubah SMSCenter oprator seluler di Hp android anda dengan begitu hp android anda akan kembi normal seprti biasa.

Bagai mana cara Mengatasi Nomer SMSCenter oprator seluler..?

*"1"Cara mengatasi mengatasi dan merubah Nomer SMSCenter oprator seluler yang menyebabkan hp tidak bisa megirim pesan atau sma antara lain sebagai berikut:

#1. Silahkan anda buka Menu pengaturan SMS, bukan pengaturan smardphone anda.

dengan cara buka   aplikasi sms bawaan hp anda. Tepat di pojok kanan atas tedapat tiga titik silihkan klik disana maka     akan tampil beberpa menu pilihn.


#2. Pilih menu setelan ( pengaturan) yang terdapat paling bawah.

#3. Akan tampil beberapa menu sekitar 5 menu plihan lalu pilih pesan teks ( SMS).
Pilih pengaturan SMSC. Pilih sim card terpasang yang mengalami masalah pada contoh kali ini      sya  menggunakan simcard telkomsel.

#4. Maka pada tampilan pengaturan SMSC akan terlihat nomer SMSC simcard hp anda. seperti yang terlihat di bawah ini nomer SMSC hanya “+7” dengan tipe simcard berbeda-beda dan jika ini terjadi maka sudah pasti masalahnya yaitu nomer smscnya berubah. jaik anda hanya perlu merubahnya.

#5. Dan jika nomer SMSC nya tidak berubah atau terdapat nomer “+6281100000” untuk Telkomsel maka permaslahanya bukan di sini. jadi anda bisa menggunakan atau mencoba cara-cara di atas untuk memeperbaikinya.

6. Selanjutnya anda cukup mengganti nomer SMSC “+7” dengan “+6281100000” untuk telkomsel dan  jika anda tidak tahu berapa nomer SMSC simcard anda berikut daftar SMS Center Oprator seluler.

Daftar SMS Center Oprator seluler :

Telkomsel: +6281100000
IM3: +62855000000
3 : +6289644000001
Indosat Mentari : +62816124, +62816125, +62816126, +62816127 atau +62816128
 Mentari: +62816124
Matrix: +6281615
XL: +62818445009 atau +628184450095
Axis: +628315000032 atau +628315000031
Three: +6289644000001
Simpati: +6281100000
Smartfren: +628811223344

Jiaka anda suda menemukan nomr SMSC kartu anda maka lansung saja ganti “+7” dengan no SMSC  sesuai dengan simcard yang anda gunakan.

Lansung saja tekan OK untuk menyimpannya. Jika berhasil tersimpan maka caranya cukup sampi disini dan anda bisa mengirim sams kembali.

Jika terdapat Pesan “Failed to update SMSC Number” maka anda gagal melakukan prubahan dan menyimpan nomer SMSCN anda. Jika hal ini terjadi anda bisa melakun cara yang kedua ini yang cukup power Full yang tingakat keberhasilanya 90%.

**”2” Cara mengatasi mengatasi dan merubah Nomer SMSCenter oprator seluler
Cara yang pertamadi atas anda memperbaiki nomer SMSC dengan menggunakan fasilitas aplikasi smardphone anda.

Namun cara yang kedua ini cukup mudah dan tinggak keberhasilannya sekitar 90%. Dan cara yang ke 2 ini bisa anda lakukan jika terdapat pesan “Failed to update SMSC Number”.

Cara yang ke 2 ini berhasil memperbaiki masalah smard phone saya yang tidak dapat mengirim pesan sms di hp asus zenfone selfi milik saya sendiri, dan semoga bisa juga memperbaiki hp android yang anda gunakan.Cara Up Grade Samsung Galaxy Grend Frime ke LiLipop

Baik lansung saja cara-cara nya sebagai berikut :
#1. Pastikan kartu anda (simcard) yang tidak bisa mengirim sms tersebut berada di slot sim 1 atau sim pertama karna di hp android yang memiliki 2 sim card akan memprioritas sim yang ada di slot pertama.

#2. jika belum terpasang di slot sim 1 anda bisa merubahnya terlebih dahulu.Hidupkan hp anda lalu ketikkan “*#*#4636#*#*” tanpa tanda kutip. maka anda akan di bawa ke mode khususn seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

#3. Tampak sekitar 4 menu maka lansung saja pilih “ Device information” jiaka tidak terdat menu tersebut di hp android anda, anda bisa mencobanya satu persatu sampai tampak seperti pada gambar di bawah ini. karna tipa hp memiliki tampilan yang berbeda-beda.

#4. Pada halaman testing ini akan tampil kotak nomer kosong seperti pada gambar di bawah ini. jangan lansung anda isi namun pilih menu refres yang teletak di bagian samping.

#5. Setelah anda merefresnya maka akan tampil nomer “+7”,145 pada kotak noSMSC, untuk smardphone Asus zenphone selfi. "+7",1234 untuk hp asus zenfone 2 laser. Tiap-tiap hp memiliki nomer yang berbeda.

#6. Setelah itu anda bisa mengganti nomer “+7”,145 dengan kode nomer SMSC yang sesuai dengan simcard milik anda. Adapun cara menggantinya yaitu dengan mengganti kode “+7” dengan nomer SMSC milik anda. “+7”,145 ganti dengan ("+6281100000"145).


#7. Ingat jangan lansung menekan tombol updete atau simpan, karan akan terdapat error. yang harus anda lakukan yaitu tekan menu titi 3 yang terdapat di pojok kanan atas, lalu pilih menu Get PDP list, cukup 1 kali.

#8. Jangan terburu- buru untuk menyimpannya atau jangan di tutup biarkan tampilannya, selanjutnya lansung saja restar hp anda. lalu coaba dengan mengirim sms ke nomer anda sendiri.

Setelah anda melakukan cara terakhir yang cukup ribet di atas. maka hp android anda akan bisa mengirim sms seperti biasanya.

Namun, jika cara di atas tidak mempan maka anda bisa membawa hp nada ke konter terdekat atau tukang sevis. mungkin terjadi kerusakan pada perangkat keras hp anda.

Jika berhasil dan sukses maka jangan lupa likenya dan komentar anda. Sekian artikel yang cukup panjang ini semoga bermanfaat,

jika ada suatu hal yang tidak di mengerti atau kurang jelas anda bisa bertanya melalui komnetar di bawah ini atau melalui fanspage facebook kami “ Balog18” .artikel ini sebagian kami kutip dari blog “strukturkode.blogspot.co.id”.

Baca Juga : 
Cara Paling ampuh baypass akun google hp Lenovo
Cara paling Mudah Membuka Kunci Pola Oppo Yang Lupa Pasword
4 cara upgrade Android Ke versi terbaru
Cara Hard Riset Dengan Benar agar tidak mintak Akun Google Pertama