Minggu, 25 Desember 2016

Contoh Program Menentukan Nama Hari Dengan Bahasa Pemprograman C++

Untuk bisa membuat sintak perogram C++, maka anda harus memahami fungsi fungsi dan cara kerja dari oprator- oprator dalam bahasa pemprograman C++.

Membuat sebuah program "menentukan nama- nama hari menggunakan bahasa pemprograman C++" mungkin terlihat mudah, akan tetapi bagi programer meraka membutuhkan waktu dan ketelitian yang tinggi untuk menyelesaikan satu program, mengapa..?

karna dalam penulisan scrip, haruslah teliti dan hati- hati sebagai contoh jika anda membuat sintaks dengan mengganti tanda koma " , " dengan tanda titik " . " sampe kiamat juga tu program tak akan bisa di jalankan.

Baik..dalam hal ini kita bisa menggunakan perintah / oprator if dan else yang yang di susun secara teratur dan mudah untuk memahami alur dari sebuah program tersebut.

Masih banyak Oprator yang bisa kita gunakan untuk membuat nama- nama hari dengan bahasa pemprograman C++, namaun dalam program ini kita menggunakan oprator IF dan else untuk membuat program tersebu.

Untuk belajar bahasa pemprograman C++ di perlukan tekat yang kuat dan keinginan yang kuat pula dan istikomah yang terpenting.

berikut contoh program menentukan nama hari menggunakan perintah if else dengan ketentuan sebagai berikut :



Dengan alur :
Apabila kode hari yang dimasukkan A s/d G, maka selanjutnya akan tampil nama hari sesuai kodenya. Tapi apabila selain 1 s/d 7, maka akan tampil “MAAF KODE HARINYA SALAH”. Kode hari harus bisa juga membaca huruf kecil, artinya jika kode harinya ‘a’, maka akan tampil SENIN, dst.
Sintax program:


Penjelasan Sintaks
  • perintah #include <iostream> merupakan kepala atau head sebuah program, apabila perintah tersebut dik ada maka sintaks pasti akan error tidak bisa di jalankan.
  • Perintah "Cout<<" merupakan perintah untuk mengeluarkan atau kata yang akan tamil di layar monitor 
  • Return 0; merupakan scrip yang menandakan bahwa perogram telah selesai                                                                     
Silah kan kopy sintax di atas lalu pastekan di layar kerja borlan anda, ingat sebelum menjalankan program alangkah lebih baiknya priksa sintaxnya bisa jadi terdapat sintaks yang error atau pun kesalahn tanda petik.

karana kesalahan dalam penulisan titik,koma, tanda petik, program tidak akan berjalan sesuai dengan harapan.

Saran dari kami alangkah lebih baiknya anda tulis secara manul di layar kerja kompiler anda tanpa harus copy dan paste. cara ini bisa membuat anda cepat memahami alur dari program yang anda buat.

setelah anda yakin bahwa sintaks tidak terdapat error maka lansung saja di run, maka akan tampil pada layar kompiler anda seperti gambar berikut:



sekian tutorial dari kami  tentang  "Menentukan nama- nama hari menggunakan bahasa pemprograman C++" semoga bermanfaat jika ada yang kurang jelas dan tidak anda pahami silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar, atau diskusikan melalu facebook/fanspage kami balog18.
  

1 komentar: