Senin, 19 September 2016

Pengetahuan Dasar Pemprograman


Kebanyakn dari Kita belemum mengenal ataupun mengetahui apa itu pemrograman dan apa manfaat dari sebuah pemprograman,  akan tetapi bagi mahasiswa atau pun siswa yang bergelut di bidang IT kata pemperograman adalah sebuah kata yang tak asing lagi bagi mereka. Topik artikel kali ini yaitu :
  • Pengetahuan Dasar Pemprograman
  • Pengetahuan Dasar Pemprograman Dengan Bahasa C++
  • Karakteristik Bahasa C++
  • Pengertian Bahasa C++
  • Macam Macam Tipe data Dalam perogramna
  • Tipe data Bahasa pemrograman C++
  • Struktur bahasa C++
  • Tipe Data Primitive C++, Tipe data Logika

Pemrograman adalah proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemograman. Sedangkan pemrograman terstruktur adalah metode untuk mengorganisasikan dan membuat kode-kode program supaya mudah untuk dimengerti, mudah ditest dan dimodifikasi.
Dalam bidang pemrograman algoritma didefinisikan sebagai suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan komputer.
Proses dari masalah hingga terbentuk suatu algoritma disebut tahap pemecahan masalah, sedangkan tahap dari algoritma hingga terbentuk suatu solusi disebut dengan tahap implementasi. Solusi yang dimaksud adalah suatu program yang merupakan impelementasi dari algoritma yang disusun.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pengetahuan dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman C++. Mungkin teman teman belum mengetahui apa itu banhasa C++..? jadi bahasa C++ adalah :
Bahasa pemrograman komputer yang di buat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan di Bong Labs (Dennis Ritchie) pada awal tahun 1970-an, Bahasa itu diturunkan dari bahasa sebelumnya, yaitu B, Pada awalnya, bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix, Pada perkembangannya, versi ANSI (American National Standart Institute)

Bahasa pemrograman C menjadi versi dominan, Meskipun versi tersebut sekarang jarang dipakai dalam pengembangan sistem dan jaringan maupun untuk sistem embedded, Bjarne Stroustrup pada Bel labs pertama kali mengembangkan C++ pada awal 1980-an. Untuk mendukung fitur-fitur pada C++, dibangun efisiensi dan sistem support untuk pemrograman tingkat rendah (low level coding).Pada C++ ditambahkan konsep-konsep baru seperti class dengan sifat-sifatnya seperti inheritance dan overloading.[butuh rujukan] Salah satu perbedaan yang paling mendasar dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).(wikepedia)

Struktur bahasa C++
Secara umum perbedaan yang mendasar antara bahasa C dan C++ terletak pada tipe bahasa pemrogramannya. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman prosedural yang memungkinkan kita untuk membuat prosedur dan menyelesaikan suatu masalah. Sedangkan bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Bahasa C merupakan subset dari bahasa C++ sehingga perintah –perintah yang digunakan dalam bahasa  C dapat diterapkan dalam bahasa C++.
Struktur dari bahasa C maupun bahasa C++ secara garis besar sama seperti bahasa pemrograman tingkat tinggi lainnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa elemen dasar bahasa C/C++ meliputi :
Praprosessor
Prototipe fungsi
Variabel
Fungsi
Sedangkan struktur programnya adalah sebagai berikut :

Macam-macam Tipe Data 
Tipe data menentukan bagaimana data secara internal disimpan dalam memori. Tipe data yang berhubungan dengan bilangan tentu saja berbeda dengan yang dalam bentuk string seperti “yogya”. Hanya sebagai gambaran kasar tipe data bilangan dapat dikenai operasi perhitungan seperti penambahan dan pengalian, tetapi tipe data string tidak bisa.

Tipe data dasar pada C++ dapat dilihat pada tabel berikut.

Mari kita ingat kembali, tipe data digunakan untuk menentukan jenis nilai atau value yang akan disimpan ke dalam variabel untuk kemudian di proses dalam program kita.
Ketika anda mendeklarasikan sebuah variabel, pada dasarnya anda sedang memesan sebuah ruang didalam memori. Lalu besarnya memori dipengaruhi oleh Tipe Data.
Nah tugas besar seorang programmer adalah bisa menentukan tipe data yang tepat, karena kita dituntut untuk membuat program yang efektif dan tidak boros memori.
Untuk itu, kita akan mengenal beberapa tipe data dalam Bahasa C++

Tipe Data Primive C++
Pada dasarnya tipe data dibagi menjadi 3 jenis:
  • Tipe Data Angka - untuk angka dan berhubungan dengan aritmetika.
  • Tipe Data Karakter - untuk karakter dan angka bukan untuk operasi aritmetika.
  • Tipe Data Logika - untuk logika benar (true) atau salah (false).
Untuk penjelasan lebih detail silahkan baca: macam macam tipe data dan fungsinya
Pada dasarnya C++ memiliki beberapa tipe data built-in yang langsung anda gunakan. Dan berikut 7+ tipe data primitif dalam bahasa pemrograman C++:
Tipe Data Keyword
Boolean bool
Character char
Integer int
Floating point float
Double double
Valueless void
Wide character wchar_t

Ukuran Memori dan Jangkauannya

Beberapa tipe data dasar diatas dapat dimodifikasi dengan type modifiers berikut −
  • signed
  • unsigned
  • short
  • long
Setiap tipe data memiliki besar memori yang berbeda antara satu dengan yang lain. Untuk membuktikannya, anda bisa memeriksanya dengan fungsi kode sizeof()

#include <iostream>using namespace std;int main() { cout << "Size of char : " << sizeof(char) << endl; cout << "Size of int : " << sizeof(int) << endl; cout << "Size of short int : " << sizeof(short int) << endl; cout << "Size of long int : " << sizeof(long int) << endl; cout << "Size of float : " << sizeof(float) << endl; cout << "Size of double : " << sizeof(double) << endl; cout << "Size of wchar_t : " << sizeof(wchar_t) << endl; return 0;}
Ketika kode diatas di complie maka kita akan mendapat output sebagai berikut:
Size of char : 1Size of int : 4Size of short int : 2Size of long int : 4Size of float : 4Size of double : 8Size of wchar_t : 4
Dan disini kami akan merangkum macam-macam tipe variabel, berapa banyak memori yang digunakan dalam memori, dan berapa jangkauan nilai yang mampu digunakan.

Tipe Data Ukuran Memori Jangkauan
char 1 byte -127 to 127 or 0 to 255
unsigned char 1 byte 0 to 255
signed char 1 byte -127 to 127
int 4 bytes -2147483648 to 2147483647
unsigned int 4 bytes 0 to 4294967295
signed int 4 bytes -2147483648 to 2147483647
short int 2 bytes -32768 to 32767
unsigned short int Range 0 to 65,535
signed short int Range -32768 to 32767
long int 4 bytes -2,147,483,648 to 2,147,483,647
signed long int 4 bytes -2,147,483,648 to 2,147,483,647
unsigned long int 4 bytes 0 to 4,294,967,295
float 4 bytes +/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
double 8 bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long double 8 bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
wchar_t 2 atau 4 bytes 1 wide character

Tipe Data Baru dengan typedef

Dalam Bahasa C++ kita dapat mendeklarasikan variabel menggunakan tipe data kustom yang sebelumnya telah kita buat dengan menggunakan sintaks typedef.
Cara membuatnya seperti ini:
typedef tipedata namabaru;Sebagai contoh:
Kita ingin memberi tahu kepada compiler bahwa angka merupakan nama lain dari int.
typedef int angka;Maka sekarang anda bisa menggunakan angka sebagai tipe data baru anda:
angka jarak;

Enumerasi dalam C++

Pada C++, enum biasa digunakan saat suatu data yang sudah kita ketahui jumlahnya, dan tidak banyak. Seperti halnya untuk menyatakan beberapa hal berikut:
  • Nama hari,
  • Nama bulan,
  • Jenis kelamin, dan lainnya.
Berikut cara penggunaannya:
enum bulan{Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, Desember};
Secara default, nilai dari nama pertama adalah 0, nama kedua adalah 1, dan seterusnya. Namun anda bisa memberikan sebuah nilai sepesifik, dengan menambahakn identifier.
Contoh:
enum color { red, green = 5, blue};
Sehingga red bernilai 0 (tanpa identifier, selalu mulai dari nol), gree bernilai 5, dan blue bernilai 6 karena setiap nama akan selalu 1 tingkat lebih besar dari nama sebelumnya.
Berikut cara penggunaannya:
enum color { red, green, blue };
c = blue;

1 Tipe Data Boolean (bool)

Boolean adalah salah satu tipe data yang hanya memiliki dua pilihan yaitu True (1) atau False (0). Tipe data ini biasanya digunakan untuk memberikan kondisi pada program.
…atau bisa juga memastikan kebenaran dari sebuah operasi.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data bool yaitu 1 byte atau 8 bit.
Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data bool:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ int angka; bool hasil; cout << "Masukan angka = "; cin >> angka; hasil = angka > 10; cout << hasil;}
Pada contoh program diatas, kita menggunakan 2 buah variabel yaitu variabel angka dengan tipe data integer, dan variabel hasil dengan tipe data boolean.
Nah, disini saya akan mengambil nilai/value untuk variabel hasil dengan membandingkan nilai pada variabel angka terhadap bilangan 10.
Apabila nilai pada variabel angka lebih dari 10 maka hasil bernilai 1 (true) dan jika angka lebih kecil dari 10 maka hasilnya bernilai 0 (false).

2 Tipe Data Character (char)

Character adalah salah satu tipe data yang memungkinkan kita untuk memesan memori berformat text (huruf, angka, dan simbol) dengan karakter tunggal.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data char yaitu 1 byte atau 8 bit.
Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data char:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ char nilai;
cout << "Masukan nilai (A/B/C/D): "; cin>>nilai; cout << "Nilai anda:" << nilai;
}
Perlu diingat bahwa tipe data char hanya dapat menyimpan data berbentuk karakter dan hanya satu karakter, oleh karena itu apabila anda memasukan lebih dari 1 karakter maka nilai yang akan tersimpan hanya karakter pertama.

3 Tipe Data Integer (int)

Integer adalah salah satu tipe data numerik yang memungkinakan kita untuk menyimpan data dalam bentuk bilangan bulat.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data int yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data int:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ int x,y,z; x=3; y=4;
z=x*y; cout << "Hasil perkalian: " << z;}
Dengan menggunakan tipe data integer hal ini memungkinkan kita untuk melakukan sejumlah operasi aritmetika seperti perkalian dan lain sebagainya.
Pada contoh diatas, saya menggunakan 3 buah variabel beripe integer sebagai berikut: X bernilai 3, Y bernilai 4, dan Z sebagai hasil hasil perkalian x dan y.

4 Tipe Data Floating Point (float)

Floating Point adalah tipe data numerik yang memungkinkan untuk menyimpan nilai dalam memori bersifat bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data float yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data float:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ float jari, hasil ; const float p=3.14;
cout << "Masukan Jumlah jari-jari = "; cin >> jari; hasil = (jari * p) * 2;
cout << "Keliling dari Lingkaran adalah " << hasil;
}

5 Tipe Data Double Floating Point (double)

Double Floating Point sama seperti float yaiut salah satu tipe data yang bersifat menyatakan bilangan pecahan atau real, maupun eksponensial.
Bedanya adalah penyimpanan angka masimal lebih besar daripada float dan otomatis double juga akan membutuhkan memori yang lebih besar.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data double yaitu 8 byte atau 64 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data double:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ double jari, hasil ; const double p=3.1428;
cout << "Masukan Jumlah jari-jari = "; cin >> jari; hasil = jari*(jari * p); cout << "Luas lingkaran: " << hasil;}

6 Tipe Data String (string)

String merupakan tipe data text (huruf, angka, dan simbol) yang memungkinkan kita menyimpan nilai dengan bentuk text, kumpulan dari character.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data string yaitu 4 byte atau 32 bit. Berikut ini contoh program C++ menggunakan tipe data string:

#include <iostream>using namespace std;
int main(){ string nohp;
cout << "Masukan nomor HP: "; cin >> nohp; cout << "Nomor HP anda: " << nohp;}
Sama seperti halnya tipe data char, dalam tipe data string kita bisa menggunakan karakter dan angka dengan ketentuan tidak dapat dilakukan operasi aritmetika.
Namun perbedaannya, jika dalam tipe data char kita hanya mampu menyimpan nilai satu karakter untuk tiap variabel, hal ini tidak berlaku pada tipe data string.
Hal ini di karenakan String merupakan tipe data composite.

7 Tipe Data Valueless (void)

Valueless adalah salah satu tipe data yang berarti “tidak ada” atau “tidak mempunyai tipe data”. Namun disini kita belum akan membahasnya lebih detail.
Void termasuk katagori tipe data namun kita tidak bisa menggunakanya pada variabel biasa, void biasanya digunakan pada function yang tidak mempunyai return value.
Besarnya memori yang dibutuhkan tipe data void yaitu 1 byte atau 8 bit.

0 komentar

Posting Komentar