Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komponen elktonika , RESISTOR

Komponen elktonika , Resistor


bagi anda yang berkecimpung di duni elektronika, kuliah di teknik elektro maupun sekolah di SMK. STM elektro pastinya tak asing lagi, dengan komponen satu ini.,,yaaa komponen yang kecil namun fungsi dan manfaatnya sangat berpengaruh dalam sirkuit atau rangkaian elektronika,.

oke gan, postingan ini adalah postingan pertama saya tentang komponen elektronika, yaitu RESISTOR.
pasti terlintas di benak agan-agan sekalian ..???

apa itu resistor.....?
dan bagaiman cara kerja resistor....?

hehehe..........tenang gan semua pertanyaan di benak agan-agan sekalin akan terjawab jika agan baca sampai tuntas.




RESISTOR, atau sering di sebut dengan Hambatan adalah komponen elektonika pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian elektronika, satuan nilai resistor atau hambatan adalah ohm, nilai resistor baisana di wakili dengan kode angaka maupu gelang warna yang terdapat di badan resistor. hambatan resistor serin di sebut dengan resistansi atau resistance.

Resistor juga memiliki  beberapa jenis diantaranya :
  1. Resistor yang bernialai tetap 
  2. resistor yang nilainyya dapat di atur , sering di sebut Resistor Variable atau potensio meter.
  3. resistor yang nilainaya dapat berubah sesuai dengan itensitas cahaya , sering di sebut dngan LDR atau Light Dependent Resistor
  4. resistor yang nilainya dapat berubah sesuai dengan perubahan suhu ,sering di sebut PTC (Positive Temperature Coefficient ) NTC ( Negativ Temperature Coefficient ).


GAMBAR DAN SIMBOL RESISTOR



Hampir setiap sirkuit komponen elektronika pasti adaa Resistor, karena Resistor sangat berperan penting dalam dunia elektronika. bahkan dalam satu sircuit elektronika resistor bisa sampe puluhan banyaknya.

Gimana gan. udah pada ngerti ...
jika ada yang kurang jelas tinggalkan komenanya di bawah gan......