Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Paling Mudah Menulis Dengan Suara (audio to text)

5 cara paling ,udah merubah suara ke dalam text dan menulis dengan suara tanpa mengetik
Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah

Cara Menulis ataupun Mengetik dengan Suara, mengetik hanya bermodalkan suara tanpa harus menggunakan jari. Cukup mudah bukan..?

Lebih tepatnya yaitu merubah suara ke dalam tulisan dengan komputer, maupun android sehingga pekerjaan akan terasa lebih mudah.

Hal ini sangat bermanfaat bagi kita, khususnya bagi sorang blogger yang bermodalkan suara kita dapat membuat banyak artikel tanpa harus lelah mengetik.

Bukan hanya para blogger, semu kalangan juga dapat menikmati teknologi terbaru ini, misalkan seorang mahasiswa yang ingin membuat tugas kuliah, tidak harus lelah mengetik namun bisa mengetik dengan suara.

Baca Juga : Cara Merubah Tv Tabung Menjadi Tv Digital

Artinya kita cukup berbicara maka sistem akan merekam dan mengubahanya ke dalam tulisan, sehingga apapun yang keluar dari mulut dan dapat terekam oleh sistem itulah yang akan di tulis.

Secara mudahnya seperti seorang guru yang mendikte siswa-siswanya di sokolah. Dan munggin anda juga pernah mengalaminya.

Fitur ini sudah banyak kita temukan di smartphone pintar yaitu android, dan aplikasi-aplikasi sosial media lainnya seperti whatsapp, facebook, line dan lain sebagainya.

Begitupun google yang memanfaatkan fitur ini di dalam aplikasi terbarunya yaitu google asisten, yang dapat melakukan banyak hal hanya dengan perintah suara.

Jadi ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika anda malas mengetik dengan jari, anda cukup menulis dengan suara.

Cara menulis dengan suara ini sangat lah beragam dari yang online sampai yang ofline, tergantung dari anda lebih memilih yang mana..?

#5 Cara Mengetik dengan Suara secara offline dan online


#1. Speechnotes.co

5 cara paling ,udah merubah suara ke dalam text dan menulis dengan suara tanpa mengetik secara online di speechnotes.co

Speechnotes.co merupakan website yang menyediakan fitur mengetik dengan suara secara garatis, dan sangat akurat dan sensitif dalam mendengar suara.

Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah secara online dengan speechnotes.co

Jika anda seorang blogger maka saya sangat merekomendasikan anda untuk menulis artikel hanya dengan suara menggunakan apliaksi ini.

Karna, kita dapat memilih bahasa apa yang akan kita gunakan, sperti bahasa indonesia, inggris, jerman dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Flask Disk Rusak Tidak Terbaca

#2. Windows Speech Recognition


Windows Speech Recognition merupakan aplikasi, fitur bawaan windows yang memang telah terintegrasi dengan sistem oprasi windows.

Fitur ini tidak hanya digunakan untuk meulis dokumen, mengetik dengan suara, menggubah suara ke dalam tulisan.

Namun cukup banyak kegunaan dari fitur ini seperti mengontrol windows, membuka menutup aplikasi, menghapus file, dan masih banya kegunaanya.

Untuk lebih jelas terkait "Windows Speech Recognition" Nantinya akan kita bahasa di artikel lainya, namun disini kita fokus membahas bagaimana menggunakan fitur ini untuk mengkonversi suara ke dalam tulisan.

Baca Juga : Kumpulan Tema windows 7, 8, 8.1 terbaik

Caranya beragam tergantung versi windows yang ada gunakan, akan tetapi prinsip kerjanya sama.

Menggunakan "Windows Speech Recognition" pada Windows

#. Windows 7 dan windlws 8, 8.1

Kedua windows ini bisa dibilang hampir sama karena semua fitur dan tampilannya sama, tidak jauh beda, yang membedakannya terletak pada menu "Start".
Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah di windows 7, 8, 8.1

Lalu Bagaimana cara membuka "Windows Speech Recognition"
  • Buka Control Panel " Control Panel > Ease of Access > Speech Recognition > Start Windows Speech Recognition"
  • Selanjutnya akan tampil Menu pengaturan, Pilih "Next > Headset Microphone > Next > Next > Next > Use Manual Activation mode"
  • Centang pada " Run Speech Recognition Startup"
  • "Satart" Tutorial untuk melihat tutorial penggunakan, atau pilih "Skip Tutorial"
  • Kemudian akan tampil aplikasinya.


#. Windows 10 

Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah di windows 10
Cara Menggunakan "Windows Speech Recognition" pada Windows 10
  • Kelik start "logo windows pada keyboard"
  • Kemudian ketikkan "windows Speech Recognition", maka secara otomatis akan terbuka
  • Kemudian lakukan pengaturan seperti pada windows 7 sebelumnya.
  • Silahkan mencoba
Silahkan lansung di coba, jika bingung, anda bisa belajar di menu tutorialnya.

#3. Google Document

Mengetik dengan suara menggunakan google doc atau google document

Mengubah suara ke dalam bentuk teks dengan menggunakan Google dokumen, google dokumen merupakan sebuah aplikasi atau fitur dari Google yang digunakan untuk membuat mengedit dokumen secara online, kemudian kita dapat menyimpannya dengan Google Drive.

Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah dengan menggunakan google document


Untuk menggunakan Google dokumen kita harus memiliki akun Google terlebih hulu yaitu Gmail.

Jika anda sudah memiliki akun Maka langsung saja buka google dokumen.

Adapun untuk mengetik dengan suara cara atau au mengubah suara ke dalam bentuk teks atau tulisan pada Google dokumen caranya sebagai berikut:
  • Buka Google Drive
  • Buat dokumen
  • Kemudian pilih " Tools > Voice Typing "

#4. Google Translate (Google Terjemah)


Untuk merubah suara menjadi teks atau tulisan dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan Google Translate (Google terjemah).

Caranya sangat mudah tidak perlu mendownload ataupun melakukan konfigurasi atau pengaturan lainnya namun cukup dengan mengunjungi google Translate atau Google Terjemah kemudian aktifkan voice typing yang terletak pada bagian bawah.

Namun cara ini hanya akan bisa dilakukan terhubung ke jaringan internet.

Jangan lupa gunakan headphone ataupun handset yang memiliki microphone agar suara bisa terdeteksi oleh komputer.

#5. Speechlogger

Cara Menulis Dengan Suara secara online dengan menggunakan speechlogger
Cara Menulis artikel ataupun Mengetik laporan dengan Suara,dengan cara merubah suara ke dalam bentuk text atau tulisan dengan sangat mudah secara online dengan speechlogger.com

Speech Logger merupakan sebuah fitur yang berbasis website yang digunakan untuk mengkonversi suara ke dalam bentuk teks ataupun tulisan.

Speed logger hampir sama dengan Speechnotes, karena prinsip kerjanya sama, yang membedakan hanya tampilannya saja.

Pendeteksian Suaranya sangat akurat walaupun kita berada di keramaian, penggunaannya juga sangat mudah dan cepat tergantung koneksi internet anda.