Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#2 Belajar PBO Java : Methode dan data



Bagaiman cara membuat sebuah program yang menggunakan methode pada bahasa pemrograman java dengan menggunakan konsep pemrograman berorinetasi objek.

Cukup banyak pertanyaan tengan bagaimana membuat program dengan menggunakan methode pada java dengan menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek atau objek oriented programing.

Jadi artikel ini merupakan seri pertama dari Belajar Pemrograman Berorientasi Objek atau Objek Oriented Programing. Nantinya seri ini akan berlanjut sampai teman-teman bisa membuat sebuah program dengan konsep OOP. Seri ini akan terbagi menjadi tujuh modul yang di antaranya sebagai berikut:

1. Pengetahuan dasar PBO (Pemrograman Berorintasi Objek)
2. Methode dan data dan cotoh Program methode pada java
3. Constructor dan cotoh Program Constuctor pada java
i4. Overloading Dan Overriding pada java
5. Encapsulation dan cotoh Program Encapsulation pada java
6. Enheritance dan Overriding dan cotoh Program Overriding pada java
7. Polimerphisme dan cotoh Program polimerphisme pada java
8. Multi Enheritance dan cotoh Program Multi Enheritance pada java


Apa itu Methode ..?

Methode adalah : dalam pemrograman berorientasi objek (OOP) adalah prosedur yang terkait dengan pesan dan objek .

Sebuah objek sebagian besar terdiri dari data dan perilaku, yang membentuk antarmuka yang diberikan objek ke dunia luar.

Data direpresentasikan sebagai properti dari objek dan perilaku sebagai metode. Misalnya, Windowobjek akan memiliki metode seperti opendan close, sementara statusnya (apakah itu dibuka atau ditutup) akan menjadi properti. (wikipedia).

Dari pengertian di atas bisa kita simpulakn bahwa methode adalah : Cara atau Konsep seorang programmer untuk memodularisasi atau merancang.

Artinya dalam membuat sebuah program, si programer memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang,sehingga kita tidak perlu membuat program yang sama.

Method dalam bahasa pemrograman Java mirip dengan fungsi atau procedure dalam bahasa pemrograman yang lain. Pada konsep Pemrograman Berorientasi Objek,

 Function lebih dikenal dengan istilah Method dimana merupakan suatu bagian dari Object yang mendefinisikan apa yang bisa Object tersebut lakukan.

Jadi : Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer didalam suatu Class. Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur.

Fungsi adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.

Gimana..? udah paham apa itu methode.? jika belum maka saya akan memberikan contoh anloginanya yaitu: kita memiliki 1 keranjang buah atau klass buah.

dan di dalam keranjang buah tersebut terdapat kotak yaitu kotak apel dan anggur yang kita artikan sebagi methode.Jadi kita memiliki 2 kotak di dalam keranjang yaitu kotak apel dan agggur.

Di dalam kotak anggur dan apel terdapat jenisnya, warnanya dan harganya.

Kemudian datang 5 orang yang ingin memesan anggur, jika di dalam pemrograman struktural maka akan ada 5 data anggur yang akan di tulis, namun jika dengan mengunkan konsep oop maka kita cukup memanggil methode anggur saja.

Studi Kasus..!

Agar teman-teman lebih paham dan mengerti sebaiknya kita lansung masuk ke studikasus di bawah ini.

Membuat Program untuk Mencari nilai tertinggi, nilai terendah, dan standar deviasi dari himpunan bilangan yang terdiri dari 10 data.
  • Data harus dinamis Yang artinya data di inputkan oleh usur 
  • Kemudian program harus terdiri dari 3 metode
Eksekusi..!

Membuat Calass
Pertama kita buat dulu sebuah class yang bernama bilangan "untuk nama classnya bebas terserah keinginan teman-teman". Kemudian copy cript di bawah ini.

Cara membuat class di netbean yaitu: pada menu pojok atas pilih "file" + " New Project" atau dengan menekan tombol kombinasi " crtl + shift + N ".

Kemudian pilih " Java " lalu " nex " kemudian masukkan mana projek dan centang pada pilihan java main class. kemudian finis. seperti pada gambar di bawah ini.


package coba;
import java.util.Scanner;
public class bilangan {
 //methode   
    public static void main(String[] args) {
        
       //pemanggilan methode
    }
}

Membuat Methode
Selanjutnya kita akan membuat 3 buah methode dengan nama yang berbeda. Silahkan tulis Script di bawa ini.

Membuat Methode Getmax
Methode getmax ini berfungsi untuk menentukan bilangan tertinggi dari beberapa data yang akan di inputkan oleh user. Kemudian di methode ini juga akan mengurutkan data atau bilangan dari terbesar ke tecil.


//    method nilai tertinggi
     public double getMax(double [] data){
        double t=0;
        for(int i=0;i<data.length;i++){
            if(t<data[i]){
                t = data[i];
            }
        }
        return t;
   }


Membuat Methode Getmin
Methode getmin ini berfungsi untuk menentukan bilangan terendah dari beberapa data yang akan di inputkan oleh user. Kemudian di methode ini juga akan mengurutkan data atau bilangan dari terkecil ke terbesar.



//   method nilai terendah
     public double getMin(double[] data){
        double a=100;
        for(int i = 0;i<data.length;i++){
            if(a>data[i]){
                a = data[i];
            }
        }
        return a;
    }

Membuat Methode deviasi
Methode deviasi, pada methode berfungsi untuk mentukan nilai standar deviasi dari beberapa data yang nantiya di inputkan oleh user, dengan menggunkkan rumus yang akan kita buatkan untuk menentukan standar deviasi dari data.


//    setandar deviasi 
     public double deviasi(double [] data){
         double result=0,rerata;
         double akarjum=0;
         
         for(int i=0;i<data.length;i++){
             result +=data[i];
             rerata=result/data.length;
             akarjum +=Math.pow(data[i]-rerata,2);
         }
         return Math.sqrt(akarjum)/(data.length);
     }


Memanggil Methode
Menaggil Methode di Class main atau main class, Jadi setelah kita membuat beberapa methode sebelumnya kemudin selanjutnya kita akan panggil methode yag telah kita buat di dalam class main.

Dan di dalam class main inilah program akan di jalankan. Semua sintak yang berada di luar class ini tidak akan di eksekusi atau di jalankan.

silahkan tulis script di bawah ini, atau copy paste ke halaman netbean anda.



public static void main(String[] args) {
        
        Scanner nilai = new Scanner(System.in);
        System.out.println("Mengitung nilai :");
        System.out.println(" 1. Nilai Tertinggi ");
        System.out.println(" 2. Nilai Terendah");
        System.out.println(" 3. Nilai Setandart deviasi");
          System.out.println("===============================");
                
        System.out.print("Maukkan jumlah Data = ");
        int data = nilai.nextInt();
        
        double[] set;
         set = new double[data];
        for(int i=0;i<data;i++){ 
            System.out.print("input data "+i+" =");
            set[i]=nilai.nextDouble();
        }

        bilangan panggil = new bilangan();
        System.out.println("========================================");
        System.out.println("nilai max :" +panggil.getMax(set));
        System.out.println("nilai min : " +panggil.getMin(set));
        System.out.println("nilai Standar Deviasi :" +panggil.deviasi(set));
       
        System.out.println(" Bilangan ganjil  :");
        for(int i=1;i<data;i+=2)
                {
                 System.out.println(i+" ");                
                }
        System.out.println(" Bilangan genap  :");
    
             for(int i=2;i<=data;i=i+2){
                 System.out.println(i+" ");
             
         }  
    }


Jika telah selesai coba di di cek kodenya apakah terdapat error atau tidak, kemudian jalankan dan lihat hasil programnya. Brikut script utunya :



package coba;

import java.util.Scanner;

public class bilangan {
//    method nilai tertinggi
     public double getMax(double [] data){
        double t=0;
        for(int i=0;i<data.length;i++){
            if(t<data[i]){
                t = data[i];
            }
        }
        return t;
   }
//   method nilai terendah
     public double getMin(double[] data){
        double a=100;
        for(int i = 0;i<data.length;i++){
            if(a>data[i]){
                a = data[i];
            }
        }
        return a;
    } 
   //    setandar deviasi 
     public double deviasi(double [] data){
         double result=0,rerata;
         double akarjum=0;
         
         for(int i=0;i<data.length;i++){
             result +=data[i];
             rerata=result/data.length;
             akarjum +=Math.pow(data[i]-rerata,2);
         }
         return Math.sqrt(akarjum)/(data.length);
     }

    public static void main(String[] args) {
        
        Scanner nilai = new Scanner(System.in);
        System.out.println("Mengitung nilai :");
        System.out.println(" 1. Nilai Tertinggi ");
        System.out.println(" 2. Nilai Terendah");
        System.out.println(" 3. Nilai Setandart deviasi");
          System.out.println("===============================");
                
        System.out.print("Maukkan jumlah Data = ");
        int data = nilai.nextInt();
        
        double[] set;
         set = new double[data];
        for(int i=0;i<data;i++){ 
            System.out.print("input data "+i+" =");
            set[i]=nilai.nextDouble();
        }

        bilangan panggil = new bilangan();
        System.out.println("========================================");
        System.out.println("nilai max :" +panggil.getMax(set));
        System.out.println("nilai min : " +panggil.getMin(set));
        System.out.println("nilai Standar Deviasi :" +panggil.deviasi(set));
       
        System.out.println(" Bilangan ganjil  :");
        for(int i=1;i<data;i+=2)
                {
                 System.out.println(i+" ");                
                }
        System.out.println(" Bilangan genap  :");
    
             for(int i=2;i<=data;i=i+2){
                 System.out.println(i+" ");
             
         }
        
    }
}


Kesimpulan :
Jadi dengan menggunkan methode untuk membuat sebuah program sangat mempermudah dan membantu programer untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Sekian artikel  yang ke dua ini " Methode dan data, Conroh program dengan methode java oop" semoga bermanfaat, nantikan untuk seri selanjunya kita akan membuat atau belajat tentang Constructor pada pemrograman berorientasi objek dan bagaiaman cara meng aplikasinnya.