Sabtu, 26 Agustus 2017

Penyebab Android Mati Tiba-tiba,Restar sendiri dan cara memperbaikinya

mengatasi android yang sering restar sendiri, mati sendiri

Penyebab Android Mati Tiba-tiba Restar Sendiri, Hp Android Restar sendiri Android Mati Tiba-tiba Handpone android sering mati sendiri, atau restar sendiri. Dan bagaimana cara mengatasi android sering restar sendiri.

Maslah ini seringkali menimpa para pengguna android yang sedang asik- asiknya chating hand phone restar sendiri. Bisa di bayangkann betapa menjengkelkan ketika kita sedang  asik mendengar lagu main sosmed tiba- tiba hand phone restar dengan sendirininya.

Penyebab Handphone android mati dengan sediri atau restar sendiri cukup beragam yang akan kita bahas di bawah ini yaitu antara lain sebagai berikut :(Cara Up Grade Samsung Galaxy Grend Frime ke LiLipop)

1. Faktor Umur hp android
Faktor umur hp sangat mempengaruhi kualitas kinerja dari hp tersebut. Mengapa, karna penggunaan mesin yang sudah cukup tua dan tentu bahan atau komponen yang ada di dalam hp sudah cukup lelah untuk melakukann pekerjaannya. 

salah satu penyebab hp mati dengan sendirinya yaitu mesin yang sudah cukup tua .penggunaan yang cukup lama di gunakan. 

Kebiasaan hp android akan mulai ngeblank atau mati dengan sendirinya atau memiliki kerusakan pada mesin ini rata rata lama pemakainanya sekitar 2-3 tahun.

Apabila mesin sudah mulai rusak tentu hp tidak akan bekerja semasksimak mungkin, bahkan bisa saja hp akan tidak bisa di gunakan atau rusak total.

Untuk masalah mesin yang rusak, tentu kita sebagai pemlik hp tidak tahu tentang bagaimana cara memperbaikinya. Lebih baik bawa ke tukang Servis hp atau konter untuk memeriksanya apakah terdapat komponen mesin yang rusak.

2. Batre hp drop
Batre meurapakan sumber energi yang ada di hp, bayangkan jika hp tidak memiliki batre tentu tidak akan bisa menyala. Salh satu penyebab hp android restar sendi yaitu maslah batre yang sudah rusak.

3. Terlalu Banyak Aplikasi Ter Instal
Slah satu penyebab hp android sering mati dengan sendirinya yaitu terlalu banyaknya aplikasi yang terinstal di hp anda. mengapa hal ini bisa terjadi bukanya memori Internal dan ekdternal nya cukup besar.?

Jika dalam benak anda terdapat pertanyaan seperti di atas maka anda perlu mengetahuai perbedaan dari memori internal, memori eksternal dan RAM. simak di bawah ini.

1. Memori ekternal

Memori eksternal adalah memori luar yang sering dikenal seperti momori Card atau kartu SD, kartu memori. 

Memori eksternal memiliki banyak kelebian seperti dapat di bongkar pasang, tidak mudah terkena virus, 

dan ketika anda ingin melakukan hard reset atau formal ulang hp maka data yang ada di dalam atau tersimpan di kartu SD tidak akan terhapus.kartu SD berbentuk seperti chip lihat pada gambar di bawah ini.

2. Meomori internal

adalah memori dalam yang artinya memori bawaan hp itu sendiri. Tempat penyimpanan data yang berada dalam perangkat hp itu sendiri. 

jika anda akan melakukan hard reset atau format maka semua data yang tersimpan di dalam memori internal maka akan terhapus. 

beda dengan memori card atau kartu SD, data yang tersimpan di dalam kartu SD tidak akan terhapus. Memori internal terletak di papan PCB mesin hp.

3. RAM ( Random Akses Memori )

Kebanyakan orang sering salah paham dalam mengartikan RAM dengan memori internal. Dan Juga beranggapan bahwa RAM dan memori internal itu sama. Disini kami akan meluruskan tentang pendapat orang- orang yang belum mengetahuinya.

RAM ( Random Akses Momory ) Jadi, Ram merupakan penyimpanan sementara dari aplikasi yang di jalankan dalam sebuah perangat entah itu berupa handphone, komputer, laptop dan perngakat- perangkat lainya.

Contoh sesederhana dari proses kerja RAM : Kita memiliki sebuah aplikasi permainan yaitu sepak bola yang tersimpan dalam kartu SD atau kartu memori internal. 

Jadi ketika kita menjalankan aplikasi permainan tersebut maka data dari permainan tersebut akan di pindahkan ke dalam RAM yang berfungsi sebagai penyimpanan sementara. 

Setelah anda selesai menjalankan aplikasi terbut maka secara otomatis data yang ada di RAM akan terhapus. 

Dan jika kita menjalankan beberapa aplikasi sekali gus maka hp akan terasa berat, lemot, dan loding lama. Dan hal itu tergantung berapa besar kapasita Ram perangkat yang anda miliki. 

Jika Ram Hp anda besar maka anda bisa membuka beberapa aplikasi tanpa takut hp akan berat.

Solusi
jika terlalu banyak aplikasi yang terinstal dalam hp anda maka sebaiknya anda menghapus aplikasi yang tidak di gunakan dan mengahapus, 

riwayat data browsing, cache data, dan riwayat- riwayat aplikasi lainya. Setelah anda menghapusnya maka Restar ulang hp anda untuk memulihkan data.

4. OS anroid Error
Salah satu penyebab hp anda mati sendiri ,restar sendiri yaitu karna OS android yang error atau rusak. Hal ini  sering terjadi karna terlalu banyaknya berkas sampah, bahkan virus yang menyerang OS android itu sendiri.

5. Terlalu banyak file sampah yang menumpuk.
Setiap aplikasi yang kita jalankan pasti akan memiliki data file ampah yang tentunya akan semakin menumpuk jika tidak pernah di bersihkan. Serti file cache dan lain sebagainya. yang akan memuat aplikasi sering restar sendiri dan lowding yang cukup lama.

6. Panas berlebihan
Pada smart phone androit telah di rancang bila proscessor dan ram mulai panas berlebihan maka secara otomatis akan restar dengan sendirinya. Hal ini tidak hanya terjadi di hp android namun tetjadi juga di komputer atu laptop.

7. Menginstal Game Beta
Mungkin anda sudah tau game yang masih versi beta yaitu game yang masih dalam masa percobaan. Hal ini merupakan salah satu dari sekian banyak penyebab hp android restar dengan sendirinya. Dan juga game tidak kompatibel dengan hp android anda yang menyebabkan error sehingga hp restar dengan sendirinya.

8. softwere Rusak
Softwere rusak akibat file yang bertabrakan yang artinya dalam proses peng update tan belum selesai. sehingga memmbuat softwere menjadi campur aduk. sehing terjadi error tau softwere tiba – tiba keluar dengan sendirinya.

9. Terserang Virus
Terserang virus bisa dibilang hal ini merupakan faktor utama penyebab hp android anda restar sendiri. Virus dapat menghapus beberapa file aplikasi dan merusak sistem android yangakan menyebakan terganggunanya proses kinerja dari hp android anda.

10. Sistem android telah di root
Mengeroot hp android memang terlihat bagus tapi tidak baik bagi hp android karna setelah di root maka pengguna bisa menggunakan android secara bebas yang artinya anda bisa memasng semua aplikasi yang semulanya tidak bisa di instal menjadi bisa terpasang di hp android anda. 

Terkadang  root juga dapat menghasilakan dampak yang cuup buruk bagi hp android anda karna tidak menutup kemungkinan pada saat peroser root ada file sistem yang terhapus dan salah dalam proses mengeroot hp android.

Setelah anda mengetahui penyebab – penyebab hp android sering restar sendiri maka kiata akan melanjutkan ke cara mengatasinya, yang akan kita jelaskan pada artikel di bawah ini.

Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Restart Sendiri

Drai beberapa kasus di atas dapat kita bahas di bawah ini bagaimana cara mengatasinya sesuai dengan keluahan hp android anda.

1. Batre hp Ngedrop
jaka hp android anda sering mati sendiri maka periksalah kondosi batrey hp anda, apakah masih layak pakai atau tidak. 

Adapun cara mengetahui batre yang masih layak pakai antara lain yaitu
Priksa bagian bodi hp anda apabiala kembung maka batre anda sudah tidak bisa bekerja maskimal lagi. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda mengganti dengan batrey baru. 

karna jika anda tidak menggantinya bisa saja akan berpengaruh pada mesin hp anda. Cara mengetahui batre yang kembung yaitu dengan meletakkan batre pada tempat yang datar lalu putar seperti memutar gansing. 

Apabila batre diam dan berputar maka batre anda kembung. Jika tidak maka batrey anda masih layak untuk di gunakan.

2. Terlalu banyak aplikasi Terinstal
Jika hal ini sudah terjadi pada hp android anda mala salah satu jalan keluar atau cara mengatsinya yaitu dengan menghapus file cache dan file sampah yang ada pada tiap- tiap aplikasi. Adapun caranya sebagai berikut
  • Buka pengaturan atau setting
  • Pilih Manajer aplikasi
  • Lalu akan tampil semua aplikasi yang terinstal di hp android anda
  • pilih salah satu aplikasi yang ingin di bersihkan. seperti gambar di bawah ini.

cara menghapus aplikasi dan cache aplikasi di android

  • Pada gambar di atas terdapat beberapa pilihan
  • 1. Paksa berhenti : Aplikasi akan di paksa berhenti bekerja
  • 2. Hapus instalan : Jika anda ingin menghapus instalan aplikasi atau mencopotnya.
  • 3. Hapus data : Nah disini lah yang harus anda kelik yaitu menghapus data maka semua data anda si aplikasi tersebut di hapus dari file sandi hinga riwayat dan cache.
  • Pilhih Nomer 3 untuk membersikan data.
  • tunggu hingaa proses pembersihan selesai.

3. Terlalu banyak file sampah yang menumpuk.
Jika terdapat banyak file sampah di hp android anda, maka anda bisa men download aplikasi yang bisa memberihakan file- file sampah adan cache di Play store.

4. Panas berlebihan
panas merupakan hal yang wajar ketika anda menggunakan hp android apalagi dengan menhidupkan data seluler. Panas di  timbulakn oleh prosessor yang bekerja dengan mengunakan daya listrik dari batre sehingan menimbulkan panas. 

Adapun jika Panas terasa berlebihan atau tidak wajar maka sebaiknya anda break sejenak dengan cara membuaka cassing hp atau dengan melepaskan batre, memory card dab sim lalu diamkan beberapa menit smapai hp anda tidak tersa panas. (Cara Bermain Games Android DI PC/ Laptop)

5. Softwere Rusak atu error
jika hal ini terjadi pada hp android anda maka solusi untuk maslah ini yauitu dengan meng uninstal aplikasi tersebut lalu pasang kembali.

6. Game beta
Hapus semua game yang ada di hp android anda yang masih dalam percobaan. Apalagi game yang memiliki kapasitas besar tentu akan memakan ruang Ram yang cukup besar.

7. Terserang Virus
Hp android terserang virus maka solusi yang tepat anda bisa menggunakan beberapa aplikasi pembersih atsu anti virus yang bisa anda download di play store secara gratis.

8. Sistem android telah di root
segala sesuatu pasti punya efek samping begitu pun halnya dengan root hp android. auntuk maslah ini anda bis amelakukan unroot atau melepaskan root agar hp bisa kembali normal seperti biasa. 

adapun caranya akan saya bahas di artikel lainnya ataupun anda bisa mencarinya di mbah google dengan katakunci unroot hp android.

9. OS anroid Error
jika hpandroid anda mengalami penyakit OS android yang rusak maka tidak ada jalan lain selain melakukan hard reset yaitu dengan mengembalikan hp android ke setelan pabrik kembali seperti baru pada saat anda membelinya. 

Setelah anda melakukan hard reset maka semua palikasi yang telah anda intal akan terhapus terkecuali aplikasi bawaan hp dan data yang ada di dalam memori kard atau kartu SD. Smartphone Android Kamu Lemot? Ini Dia Penyebabnya

Untuk melakukan hard reset bisa menggunakan dua metode yaitu dengan melalui setelan pabrik atau mengunak metode 3 jari. baik kita akan bahas satu persatu.

Metode setelan pabrik

untuk melakuna setelan pabrik bika anda lakukan melaui pengaturan setting
Cadangkan dan reset, akan terdapat beberapa blihan sebaikanya anada melakuna bacup data sebelum melakukan setelan pabrik yaitu dengan mencentang pada menu pilihan Bacup data saya dan Resrote auto matis seperti pada gambar di bawah ini.
cara mengatasi android mati sendiri atau restar sendidri

  • Lalu pilih Reset data pabrik lalu akan tampil peringatan apakah anda benar- benar akan melaukan hard resetet lalu pilih oke.
  • Maka hp akan restar dengan sendirinya lalu akan tampil robot android pada layar hitam maka proses reset sedang berjalan. Tunggu hingga sekitar 5 menit dalam proses penghapusan data.
Dalam proses pengapusan data batre hp anda harus dalam keadaan ful agar tidak mati dalam keadaan reset karna bisa mengakibatkan hp anda akan bootlop.

Metode Reset 3 jari

Metode reset engan 3 jari” sebenarnya langkah ini memiliki fungsi yang sama dengan metode reset data pabrik. 

Namun hal yang membedakannya yaitu hanya langkah- langkah nya saja atau cara melakukan hard reset. Namun metode ini sering di lakukan ketika hp android mengalami lupa kata sandi,pola atau terkunci. Smartphone Android Kamu Lemot? Ini Dia Penyebabnya
  • Sebelum melakuan hard reset maka keadaan daya batre hp anda minimal 70% agar tidak mati dalam keadaan reset karna bisa mengakibatkan hp anda akan mengalami bootloop.
  • Bacup data yang di rasa penting.
  • matikan hp anda, hp android dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol Home, Power, dan Volume Up, secara bersamaan selam beberapa detik hingga anda masuk ke dalam menu Recovery Mode android.

cara melakukan reset  jari, hp android mati tiba- tiba
  • Maka kan tampil beberapa menu lalu pilih  Factory reset / Wipe data. dengan mengunakan tombol Volumu atas dan bawah untuk menggeser.
format android yang restar sendiri

  • Dan tekan tombol home untuk oke, maka hp akan memulai proses setelah peroses selesai kemudian reboot handphone.
Ada beberapa hal yang perlu di ingat ketika ingin masuk ke menu Recovery maka hp dalam keadaan mati. Mengenai kasus bootloop, 

Jika metode ini tidak berfingsi atau tidak mengalami perubahan setelah melakun hard reset maka mau tidak mau kita haurus melakukan Flasfirmware yaitu mengganti IOS hp android anda melalui instal ulang IOS atau Firmwere. Yang akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Sekian semoga bermanfaat, jangan lupa like fanspage kami atau tinggalkan komentar anda di bawah ini.

1 komentar: