Minggu, 01 Januari 2017

Cara Membagi Lokal Disk D di Windows xp 7,8,10

Membuat lokal disk baru atau membuat parasi baru pada windows 7,8,81,10 caranya sangat mudah bagi ornag yang mengetahuinya akan tetapi akan sangat sulit bagi orang yang belum tahu.

Image result for hard drive

sebelum anda membuat partisi baru sebaiknya anda mengetahui apa itu partisi ,manfaat dan kerugian dari membuat partisi baru.

   " Apa itu partisi ...?"

Partisi adalah proses pembagian ruang-ruang kosong pada harddisk untuk memberikan File System pada ruang kosong yang terdapat pada harddisk, kemudian ruang kosong pada harddisk yang telah diberi File System tersebut, digunakan untuk menyimpan berbagai macam data dan sistem operasi.

  " Apa Manfaatnya..?"


  • Mempermudah untuk penyimpanan data
Antara file berkas yang penting dan tidak penting seperti contoh kebanyakan pengguna windows akan membagi Hardisknya menjadi tiga lokal disk yaitu lokal diks C,D dan E.

Di mana lokal diks C adalah tempat oprasi system windos ataupun OS lainya. Untuk menginstal ulang sebuah komputer maka lokal disk C lah ayang akan di format dan akan di gantikan oleh  OS yang akan di instal. 

Untuk lokal disk D dan E merupakan lokal disk tempat penyimpanan data  ataupun file yang dimiliki oleh si pengguna komputer.

  • Mencegah hilangnya file penting di komputer 

Salah satu manfaat Partisi atau membagi lokal Disk yaitu mencegah hilangnya file penting di komputer. dengan contoh apabila terdapat kesalah tidak sengaja terformat ataupun Error pada lokal diks D maka file yang ada di lokal diks E tidak akan terpengaruh dan tidak akan ter hapus.

Selian itu  dapat mempermudah kita untuk menempatkan file- file secara teratur dan rapi tidak ngwur dan tidak gado- gado. Dan mempermudah kita untuk mencari file yang kita inginkan dengan cepat tanpaharus buka sana bukak sini.


  " Kerugianya ....?? "

Segala sesuatu pasti memiliki Kelebihan dan Kekurangan begitupun halnya membagi partisi juaga memiliki kekuragan ataupun dampak butruk yaitu ketika kita ingin membagi lokal Diks D untuk menabah partisi menjadi lokal disk E maka File yang terdapat di lokal disk D akan terformat karna lokal diksk D membagi sebagin partinya untuk lokal disk E dengan cara memformatnya. 

Solusinya yaitu sebaiknya anda membackup data di lokal disk D terlebih dahulu sebelum melakukan pembagian atau membuat partisi baru.

Oke setelah anda mengetahi apa yang di maksud dengan Partisi ,manfaat dan kerugiannya maka hal selanjutnya ialah : 

                            ""Bagaimana Cara mebuat partisi atau membagi lokal diks "" 

Untuk membuat partisi atu membagi lokal diks baru maka hal yang harus lakukan terlebih dahulu ialah membacup data di lokal disk yang ingin di bagi.

  • Setelah anda membacup data maka masuklah ke menu disk management yaitu tempat pengaturan hardisk. Dengan cara: arahkan kursor anda ke logo windows pojok kiri bawah lalu > klik kanan > pilih diksk mangement. 


  • Pilih lokal diks yang akan di bagi partisinya contoh klik kan pada lokal diks D > pilih > Sherink Volume > Maka akan tampil menu baru lalu nex seterusnya.

  • maka kan tampil menu pilihan berapa kapasitas hardiks yang kan anda buat ingat dalam bentuk MB 

Catatn : 
1 GB       = 1000 mb
10 GB     = 10000 mb
100 GB   = 100000 mb

  • eeeeett jangan senang dulu masih ada langkah selanjutnya
  • langkah selanjutnya > lokal disk yang anda buat tadi kan telihat hitam yang menandakan lokal disk yang anda buat belum terbaca atau belum selesai.

  • Klik kanan pada lokal disk yang anda buat tadi lalu pilih > New simple volume >  maka akan tampil menu > pilih nex  seterusnya sampai selesai.



  • Oke proses pembuatannya selesai..
Dengan demikian anda dapat mengisi lokal disk baru tersebut dengan berbai macam file yang anda inginkan, tanpa harus mencampur aduk seperti gado gado.

Sekian tutorial cara membuat Lokal disk baru atau membagi partis di windows 7,8,81,10 yang semoga bermanfaat. jika ada yang tidak jelas silahkan tinggalkan komentarnya di kolom komentar jangan lupa like fanspage kami..


0 komentar

Posting Komentar