Kamis, 04 Agustus 2016

Cara merubah Power Suplay bekas komputer menjadi Adaptor atau catu daya


kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara merubah atau merakit powersuplay bekas PC menjadi sebuah adptor atau yang sering di sebut catu daya yang tak kalah dengan adaptor yang beredar di pasaran dengan harga yang cukup mahal.

jiaka agan-agan punya CPU atau computer bekas yang sudah rusak, dari pada agan buang atau agan timbang di tukang loak,  yaaaaa.... palingan cuma 30rb , di jaman sekarang uang 30rb palingan cuman buat beli rokok sama kopi .....yaaaa habis ,
lebih baiak agan bongkar lalau ambil power suplainya untuk kita sulap menjadi adptor atau catudaya.

''''ngomong-ngomong " mungkin dari agan agan belum tau apa itu powersuplay atau adptor ...??? hik hik hik....tenang gan ane kasitau ko'''

POWERSUPLAY ATAU ADAPTOR adalah.......?

     Sebuah alat eletronika yang berfungsi sebagai pengubah arus AC (litrik PLN atau arus bolak balik ) menjadi  arus DC ( arus searah ) seperti accu batre dll...

okeee gan udah ngerti kan apa itu powersuplay atau adaptor..hik hik hik hik 
kita lanjutt ni dia caranya....
ohh ya gan powersuplai ini powersuplay ATX

powersuplay atx
Alat : 
  • pisau
  • gunting
  • soder
  • timah 
  • lem tembak 
  • obeng
Bahan- bahan:
  • jack banana sebagai konektor aut put nya..secukupnya
  • saklar atau swict 2 buah
  • lampu LED dan resistor 11 ohm 15 watt
  • kabel secukupnya 
  • capit buaya

okee gan klok alat dan bahan sudak selesai kita lanjuttttttttt....




1. buka powersuplai atx nya dengan obeng.
2. potong semua kabel dengan pnjang sekita kebutuhan kita kira-kita 10-20 cm.
3. gabungkan semua kabel sesuai dengan warna masing masing.

ket ;

merah          :    + 5 volt
oren             :    + 3.3 volt
kuning         :    + 12 volt
hitam           :     GND (grond)
biru              :     -12 volt
hijau dan abu  : sebagai ON dan OF powesuplay 

4. selanjutnya membuat lubang pada tutup powersuplay nya untuk konektor auputnya.


5. memasang jack banana di lubang tersebut


6. soder dan tempelkan kabel pada bagian belakang jack banana
7. memasang lampu LED ysng di sambung dengan resistor.


8. menyambungkan kabel hijau dan abu dengan saklar yang di sambungkan ke lampu led.


9. dann jadi dehhhhhhh.....


10. dan coba ukur dengan multi meter atau avometer..dan hasilnya SEMPERNA....


Selamat mencoba dan semoga berhasil gan terimakasih atas kunjungannya dan jangan pernah kapok untuk mampir di blogg ane......hehehehee

jika ada yang kurang jelas silshkan tinggalkan komennya gan...

bay ; gubahanzz@





0 komentar

Posting Komentar