Senin, 15 Agustus 2016

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca


SD CARD atua yang sering di kenal dengan nama memory external adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagia media penyimpan file. SD card sangat di butuhkan hinga saat ini walaupun banyak smartpone yang menyediakn memory internah yang sangat besar, mulai dari 2 Gb hingga 25gb, namun tetap saja kita tetap membutuhkan memory external.

Mungkin kamu pernah mengalami masalah memori tidak terbaca (damage), dengan memori yang tidak terbaca pastinya akan menyulitkan kita memindahkan data-data yang ada di dalam memori tersebut.

Apalagi data dalam memory tersebut sangat lah berharga dibandingkan dengan apapun, yaa mungkin seperti foto pacar,mantan pacar, dll. Tapi !! jangan hawatir dan resah gan ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi masalah memory card tidak terbaca di Android, saya punya empat cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki memori tersebut.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca
Cara 1: Membersihkan Kartu Memori
  • Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
  • Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih.







     ·    Bersihkan dengan kapas ataupun dengan kain yang halus jangan sampai tembaga                                      tergores karna akna berakibat fatal.
           ·   Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah              sudah terbaca atau belum.
Cara 2: Melakukan Format dari Android
·        Masuk ke menu Setting > Storage.
·        Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card. Dengan menghapus SD Card, dapat membuat memori bersih seperti baru.


Cara 3: Cek Error dari PC

    ·   Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
   ·    Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer                         mode (MTP).





   ·    Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools >                                Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.
   ·   Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.




Cara 4: Format dari PC.

Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca diAndroid. Coba gunakan cara ini:

·   Buat folder baru di HardDisk, beri nama sembarang asal kamu ingat kalau folder baru ini akan                    menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup isi kartu memori yang rusak tadi.
·   Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder yang sudah dibuat tadi.
·   Jika sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
·   Lalu kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat  tadi.
·   Sekarang cek lagi, masih gagal atau tidak.

Jika masih gagal juga, coba ulangi kembali langkah-langkahnya. Apabila kamu ingin membeli kartu memori baru, kamu bisa membaca Tips Memilih Kartu Memori untuk Smartphone. Selamat mencoba!




0 komentar

Posting Komentar